Jangan Unduh ! Aplikasi Android Ini Ternyata Bikin Kantong Jebol !

419
Google Play Store
copyright©TribunStyle

Bikin Dompet Terkuras, Inilah Aplikasi Android Yang Perlu Kamu Hindari !

Eratekno.comToko aplikasi untuk HP Android yakni Google Play Store memang sering kali di susupi aplikasi yang memuat program berbahaya. Jenisnya juga tak hanya terbatas pada malware saja, ada juga software yang memeras dompet pengguna dengan biaya langganan yang kelewat tinggi.

Sophos belakangan ini mengungkap keberadaan aplikasi Android semacam itu di Google Play Store. firma sekuriti itu menyebutnya sebagai “fleeceware”.

Dalam situs resminya, Sophos menerangkan bahwa istilah baru bernama fleecaware ini digunakan karena aplikasi Android ini sebenarnya tidak memuat malware atau virus berbahaya. Mereka juga bukan kategori aplikasi Android tidak di minati.

Baca juga : Wajib Coba ! 5 Aplikasi Android Ini Bisa Bikin Tidurmu Lebih Nyenyak !

Akan tetapi aplikasi-aplikasi yang bersangkutan memaksa pengguna membayar langganan untuk menggunakan fungsi tertentu. Dan harga yang di patok di luar batas kewajaran.

Biasanya untuk menarik pengguna, pengembang aplikasi Android ini menawarkan free trial atau masa coba lebih dulu dalam periode tertentu yang biasanya berlangsung dalam waktu yang sangat singkat yakni tiga hari saja.

Setelah masa gratisan telah habis, pengguna Aplikasi Android ini dipaksa untuk membayar sejumlah uang. Bahkan dalam beberapa kasus, penagihan muncul sebelum masa coba berakhir. Biayapun mahal bisa mencapai 200-an dollar AS atau sekitar Rp 3 jutaan per aplikasi.

Copyright© Tribunnews

“Dalam kasus aplikasi pemindai QR, pengembang menagih 104,99 euro (Rp 1,6 jutaan) setelah 72 jam. Sementara pengembang aplikasi bernama Professional GIF Maker menagih 214,99 euro (Rp 3,3 jutaan) setelah masa coba berakhir,” tulis Sophos dalam situsnya.

Baca juga : Segera Aktifkan, Fitur Baru Instagram Ini Bikin Baterai Smartphone Tahan Lama !

Celakanya aplikasi Android ini akan otomatis melakukan langganan dan menagij jika pengguna tidak membatalkan pemakaian setelah perioder trial berakhir. Penghapusan aplikasi Android ini pun juga tak serta merta menghentikan penagihan biaya karena pengguna mesti menghentikan langganan terlebih dahulu.

Copyright©PhoneArena

Beberapa aplikasi Android fleeceware yang telah ditemukan oleh Sophos di Play Store di antaranya QR Code Master, Camera Search By, Compass Pro: GPS, Pic Collage-Collage, Gif Maker free & gif, Hide Photos&Video, HiddenMe-Face Age, dan Old Me.

Jadi jika kamu menemukan aplikasi Android diatas mending  nggak usah di unduh daripada kamu nyesel di kemudian hari.

Be smart guys !

Baca juga : Cara Jitu Bikin Kimmy Tetap Jadi Meta di Mobile Legends Meski Terkena Nerf dari Moonton !