Jaringan 5G diperkirakan Siap Meluncur Pertama Kali Tahun Ini

0
373
Jaringan 5G
Jaringan 5G

Jaringan 5G akan Segera Meluncur

Eratekno.com – Pemanfaatan Jaringan 5G komersial akan segera dirasakan oleh masyarakat tahun ini, setidaknya di wilayah seperti Amerika Serikat. Kabarnya, Amerika utara diperkirakan akan memimpin serapan 5G, dengan semua operator utama AS berencana untuk meluncurkan 5G antara akhir tahun 2018 dan pertengahan 2019.

Baca Juga: Canggih, Oppo Pamer Kemampuan Video Call Berbasis 5G, Pertama Kali di Dunia !

Lewat keterangan resmi yang diadur dari laman Okezone Jumat 6 Juli 2018, pada akhir tahun 2023, langganan telepon seluler atau mobile subscription di Amerika Utara untuk 5G diperkirakan akan mencapai hampir 50 persen, diikuti oleh Asia Timur Laut sebesar 34 persen dan Eropa Barat sebesar 21 persen.

Secara global, penyerapan 5G besar-besaran diharapkan mulai 2020. Perusahaan telekomunikasi, Ericsson memperkirakan lebih dari 1 miliar langganan 5G untuk meningkatkan pita lebar seluler pada akhir 2023, terhitung sekitar 12 persen dari seluruh langganan seluler atau mobile subscription.

Lalu linta data seluler ini diperkirakan melonjak sebanyak delapan kali lipat selama periode tersebut hingga hampir mencapao 107 Exabytes (EB) per bulan atau sama dengan jumlah lalu lintas data seluler ketika semua pelanggan seluler di seluruh dunia melakukan streaming video full HD selama 10 jam.

Pada 2023, lebih dari 20 persen lalu lintas data seluler di seluruh dunia diperkirakan akan dilakukan di jaringan 5G, 1,5 kali lebih banyak dari total lalu lintas 4G/3G/2G hari ini.

Baca Juga: Memang Canggih, Cina Umumkan Lisensi Jaringan 5G pada 2019 ?

Layaknya teknologi akses seluler sebelumnya, 5G diharapkan untuk digunakan pertama kali di daerah perkotaan yang padat penduduk, dengan pita lebar seluler terdepan dan akses nirkabel yang tetap sebagai penggunaan lainnya untuk terjadi di industry seperti otomotif, manufaktur, utulitas dan kesehatan.

Perangkat 5G data-only generasi pertama diharapkan hadir pada paruh kedua tahun 2018. Ponsel pintar komersial pertama yang mendukung 5G di mid-band diharapkan hadir pada awal tahun depan, sementara dukungan untuk pita spektrum yang sangat tinggi diharapkan akan tersedia pada awal hingga pertengahan 2019.

Baca Juga: Nokia Percaya Diri Bakal Jadi Penguasa di Era Jaringan 5G ?