Kembali Dijebol, Para Pengguna Diminta Ganti Password Facebook

0
82
Copyright©The Ringer

Ada Pemberitahuan Keamanan Dari Facebook

Eratekno.com – Lagi, para pengguna sosial media Facebook mendapatkan sebuah notifikasi keamanan dari sistem, dimana isi notifikasi tersebut menyebutkan jika alamat email serta nomor telepon mereka telah diakses oleh pihak ketiga.

Tak hanya nomor telepon serta alamat email Facebook saja, namun informasi seperti Nickname, Tempat lahir, tanggal lahir terakhir menggunakan fitur check-in yang di-tag, serta lainnya yang bisa diakses oleh para hacker tersebut.

Baca juga: Facebook Siapkan Aplikasi Untuk Saingi TikTok, Seperti Apa?

Terkait hal ini, sebagai antisipasi Facebook pun langsung memberikan notifikasi kepada seluruh pengguna dengan menyampaikan, jika mereka telah menindaklanjuti celah keamanan yang dibobol tersebut dan telah bekerja sama dengan pihak FBI untuk mengatasi masalah hacker tersebut.

Copyright©The Ringer

Selain itu, perusahaan pemiliki aplikasi pesan instant Whatsapp ini juga meminta kepada para pengguna agar mengunjungi fitur Help Center di Facebook mereka untuk mengetahui, apakah akun mereka juga termasuk atau jadi korban kejahatan tersebut apa tidak.

Baca juga: Whatsapp Kembangkan Fitur Anti ‘Tangan Usil’, Seperti Apa?

Munculnya notifikasi ini menjadi tindak lanjut dari pihak Facebook untuk mengatasi insiden beberapa waktu lalu dimana para hacker telah mengakses sekitar 30 juta akun dari pengguna sosial media yang populer tersebut.

Perlu diketahui, dikutip dari laman The Guardian, jika para pelaku hacker tersebut telah mengakses secara rinci 14 juta data pengguna dari total korban, termasuk didalamnya ada status hubungan, area tempat tinggal, serta bagian dari sejarah pencarian mereka di Facebook selama ini.

Lebih lanjut lagi, rupanya insiden kali ini ada hubungannya dengan kasus pencurian data Facebook beberapa waktu lalu, yakni sekitar 50 juta akun pengguna berhasil diretas pada bulan September 2018.

“Ternyata lebih sedikit orang yang terkena dampak daripada yang kami pikir. Dari 50 juta orang yang token aksesnya kami yakin terdampak, sekira 30 juta yang tokennya ternyata telah dicuri,” Kata Guy Rosen, selaku Vice President Facebook dikutip dari laman Liputan 6.

Baca juga: Cara Melihat Pesan Yang Terhapus di Facebook Dengan Mudah