Kenapa Wikipedia Versi Gratis Ditutup ? Ini Alasannya

0
428
[email protected]

Kenapa Wikipedia Versi Gratis Ditutup ?

Eratekno.com – Pada 2012 yang lalu, lembaga non-profit Wikimedia Foundation yang merilis Wikipedia Zero. Dimana layanan tersebut yang merupakan versi “gratis” dari ensiklopedi internet, yang dapat diakses secara Cuma-Cuma, yang dimaksud yakni tidak membutuhkan kuota data.

Walaupun demikian, namun Wikipedia Zero ternyata sepi akan peminat selama beberapa tahun terakhir, sehingga Wikipedia Foundation yang dengan terpaksa harus memuruskan untuk menutup layanan tersebut pada akhir pekan lalu.

Baca Juga : Terus Berbenah, News Feed Facebook Bakal Prioritaskan Berita Lokal

Sejak 2016, kami melihat penurunan signifikan di angka adopsi dan ketertarikan di program ini,” sebut Wikimedia dalam sebuah posting berisi pengumuman.

wikipedia
copyright©wikipediacommons

Wikipedia Zero awalnya ditujukan untuk mengatasi persoalan dengan terbatasnya akses internet, yakni masalah biaya kuota data seluler di negara-negara berkembang. Harapan dari adanya ensiklopedia online yakni agar dapat dikunjungi oleh para pengguna internet untuk negara-negara berkembang.

Tetapi, menurut penjelasan dari Wikimedia, biaya data seluler yang berangsur turun, sehingga hal tersebut menjadi salah satu alasan dibalik adanya penurunan Wikipedia Zero. Sedangkan untuk fator lainnya yakni awareness yang relatif lebih rendah terhadap Wikipedia pada negara-negara di luar Amerika Utara dan Eropa.

Baca Juga : Rombak News Feed, Facebook Dorong Interaksi Antar Pengguna!

Diperkirakan ada juga masalah lain yang munculterkait adanya netralisir internet, sebab penyediaan akses secara gratis ke layanan-layanan internet yang justru dipandang merupakan perlakuan yang tidak adil untuk penyedia layanan lain yang serupa.

Misal program internet gratis Free Basics dari Facebook, yang akhirnya juga ditutup di India pada 2016 silam, sebab adanya kritik keras dari kalangan yang menyatakan jika hal tersebut dapat saja disalahgunakan untuk mengontrol akses internet serta informasi dari negara setempat.

Sebelum ditutup, seperti yang dikutip melalui Kompastekno dari The Next Web, Selasa (20/2/2018), Wikipedia Zero yang sempat tersedia di 72 negara melalui 97 operator seluler. Sementara untuk jumlah pengguna yang secara kumulatif mencapai kisaran 800 juta.

Baca Juga : Apple WWDC 2018 Digelar Awal Juni, Apa Saja yang Akan Diumumkan?