Keren Abis! Aplikasi Lokal Ini Bisa Tentukan Keaslian Produk

0
1204
Authentic Guards
copyright©Sharetech

Authentic Guards, Aplikasi Untuk Lacak Keaslian Produk

Eratekno.com – Di era yang sudah serba modern ini sudah sangat banyak produk-produk elektronik yang di tawarkan oleh produsen-produsen.

Akan tetapi tak jarang produk-produk bermerek sekalipun bisa di palsukan bahkan sangat mirip dengan produk aslinya. Tak hanya produk elektronik, beberapa produk lainnya pun juga sering di palsukan.

Di Indonesia sendiri , tidak sedikit barang bermereka yang di palsukan. Untuk mengatasi itu Authentic Guard, startup yang berusaha untuk menyediakan layanan untuk memastikan keasilan sebuah produk.

Baca juga: Gawat! Malware Berbahaya Ini Bisa Baca WhatsApp Hingga Ambil Foto Pribadimu Lho

CEO dan Co-founder Authentic Guards, Muqsith Ahmadi mengatakan bahwa startup buatannya telah bertanggung jawan atas berbagai klien, mulai dari perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik, farmasi hingga olahraga.

“Layanan utama kami adalah proteksi keaslian barang, batching system, solusi pemasaran email, serta platform penelusuran merek. Kami juga bisa investigasi, jika ada merek yang dipalsukan di daerah, maka kami laporkan ke pemilik merek,” kata pria yang akrab dengan panggilan Muqsith ini.

Untuk menentukan apakah sebuah barang asli atau palsu, aplikasi Authentic Guards akan membaca QR Code yang di temple melalui stiker hologram.

copyright©KompasTekno

Di dalam kode tersebut, terdapat lima sampai enam digit yang merupakan gabungan angka dan huruf yang di keluarkan oleh aplikasi Authentic Guards untuk menentukan apakah barang asli atau palsu.

Baca juga: Twitter Bakal Rilis Fitur Berbagai Video Mirip Snapchat

Tak hanya kemampuan untuk memastikan sebuah produk asli atau palsu, aplikasi Authentic Guards juga akan menawarkan informasi terkait merek, distributor dan produsen pada para penggunanya.

“Kami memberikan informasi lengkap tentang produsen atau distributor yang akan memudahkan konsumen berinteraksi apabila ada protes maupun pertanyaan seputar produk,” kata Muqsith.

Authentic Guards mendapatka pendanaan awal dari program Indigo milik Telkom. Dana tersebut di gunakan untuk merekrut karyawan juga menyempurnakan layanan pada aplikasi tersebut. startup ini mengembangkan platform analisa untuk para merek.

Tak sampai di situ saja, mereka saat ini juga berencana untuk mengembangkan aplikasi iOS serta meluaskan jangkauannya kota-kota besar di Indonesia seperti Yogyakarta, Medan dan Surabaya.

      Baca juga Facebook Bikin Creator Pilot Program Untuk Saingi Twitch?