Keren, Google Luncurkan Aplikasi Android Khusus Penyandang Tunarungu!

0
288
Copyright©Firstpost

Aplikasi Android Mampu Merubah Suara Jadi Tulisan

Eratekno.com – Raksasa Teknologi Google, kini semakin memperhatikan para penyandang disabilitas di dunia. Dimana baru-baru ini mereka telah merilis sebuah Aplikasi Android yang dibuat secara khusus guna penyandang Tunarungu (tidak bisa mendengar).

Aplikasi Android ini bernama Live Transcribe serta Sound Amplifier. Kedua aplikasi ini memiliki fungsi dan juga cara penggunaan yang berbeda. Untuk aplikasi Live Transcribe ini memiliki fungsi untuk menerjemahkan sebuah percakapan kedalam tulisan nantinya.

Baca juga: Inilah Daftar Aplikasi Stiker WhatsApp Terbaik Android 2019

Aplikasi Android tersebut bakal merekam setiap ucapan seseorang melalui microfon, setelah itu ia mengubahnya dalam sebuah teks. Dengan begini, maka penyandang Tunarungu masih tetap bisa memahami perkataan orang lain melalui tulisan yang diterjemahkan oleh aplikasi tersebut.

Copyright©NDTV Gadgets

Aplikasi ini merupakan hasil kerjasama Google dengan kerjasama Gallaudet University. Lalu Aplikasi Android selanjutnya adalah Sound Amplifier yang digunakan penyandang Tunarungu yang masih bisa mendengar namun kurang jelas.

Baca juga: 4 Aplikasi Android Ini Bisa Bikin Smartphone Kamu Tampak Lebih Kece, Cobain Yuk!

Cara kerja dari aplikasi ini tak ubahnya seperti aplikasi alat bantu pada umumnya. Jadi aplikasi android ini berguna untuk mengeraskan suara yang ada disekitar sehingga bisa didengar jelas oleh pengguna.

Nah untuk menghubungkannya, para pengguna menggunakan headset maupun headphone yang dihubungkan pada smartphone. Setelah itu, saat menggunakan Aplikasi Android ini maka mikrofon pada smartphone bakal menangkap suara yang ada disekitar.

“Teknologi adalah tentang inklusi, dan memberdayakan orang-orang dari semua kemampuan. Produk dan layanan kami hanya akan menjadi lebih baik dan lebih berguna jika kami mengundang orang-orang dari semua segmen masyarakat, dan orang-orang dari seluruh dunia, untuk mempengaruhi dan menciptakan teknologi,” Kata Eve Andersson, Seorang karyawan yang menjalankan Google Machine Learning, dikutip dari laman Kompastekno.

Baca juga: Cara Simpan Stiker Lucu Secara Langsung di WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan!