Keren Parah ! Aplikasi Android Ini Bisa Ubah Smartphone Seismograf, Mau Coba?

0
223
Copyright©Liputan6

MyShake, Aplikasi Yang Berfungsi Ubah Smartphone Jadi Alat Pendeteksi Gempa !

Eratekno.comGempa bumi merupakan salah satu fenomena alam yang cukup berbahaya jika terjadi dalam skala yang besar. Dan Indonesia menjadi salah satu Negara yang cukup rawan terhadap bencana alam satu ini.

Maka dari itu kini berbagai upaya tengah di lakukan untuk mendeteksi gempa bumi agar tidak menimbulkan korban ini. dan baru-baru ini para peniliti yang berasal dari Berkeley Seismological Laboraty telah berhasil membuat sebuah aplikasi Android bernama MyShake.

Aplikasi MyShake ini berfungsi untuk membuat smartphone menjadi sebuah alat pendeteksi gempa yang portable.  Aplikasi Android ini di ketahui memanfaatkan teknologi accelerometer yang terdapat di hampir seluruh smartphone untuk mendeteksi guncangan akibat gempa bumi.

Baca juga : PUBG Mobile Bakal Kedatangan Mode Soldier Operation, Apa Saja yang Baru?

Jika terdeteksi, aplikasi MyShake ini akan memberikan notifikasi peringatan. Akan tetapi aplikasi Android ini di ketahui dapat mendeteksi apakah guncangan yang di terima accelerometer merupakan guncangan dari gempa bumi atau hanya pergerakan normal dari pengguna saja.

Copyright©Liputan6

Hal tersebut lah yang saat ini tengah di kembangkan lebih lanjut oleh para peneliti agar aplikasi Android ini dapat dengan akurat mendeteksi gempa bumi sehingga bisa menyelamatkan nyawa orang-orang.

Tim peneliti membuat algoritma pada accelerometer untuk mengenali tanda-tanda gempa bumi yang terjadi. Peneliti pertama kali meminta 100 relawan di Berkeley untuk mencatat gerakan sehari-hari di ponsel mereka selama 6 bulan.

Baca juga : Tanpa Cheat, Trik Dapat Diamond Mobile Legends Gratis Ini Wajib Kamu Coba !

Aplikasi MyShake ini di harapkan suatu hari nanti bisa memberikan peringatan gempa bumi dini di seluruh dunia yang meningkatkan cara tradisional memantau gempa bumi di seluruh dunia. Sistem ini bisa memangkas biaya dan waktu terkait dengan pemeliharaan jaringan seismic tradisional.

Lebih dari 980 gempa bumi telah direkam oleh MyShake sejak dirilis ke publik pada tahun 2016 lalu dan lebih dari 320.000 pengguna telah mengunduh aplikasi Android ini.

Buat kamu yang ingin menginstallnya ke smartphone kamu, aplikasi MyShake sudah bisa kamu unduh di Google Play Store untuk ponsel Android. Sementara untuk perangkat iOS juga bisa menginstallnya di App Store.

Gimana tertarik mengunduhnya?

Baca juga : Waduh ! Hal Sepele Ini Bisa Bikin Kamu Didepak dari Server WhatsApp Lho !