Khawatir Data Facebook Disalahgunakan? Begini Cara Melindunginya !

0
361
facebook
[email protected]

Khawatir Data Facebook Digunakan Dibobol ? Begini Proteksinya !

Eratekno.com – Khawatir mengenai data Facebook pribadi Anda yang disalahgunakan ? ada bermacam cara untuk dapat mengendalikannya serta cara untuk menghapus akun anda. Ada juga langkah singkat yang dapat digunakan untuk menonaktifkan akun anda.

Facebook yang mendapat kecaman sebab perannya yang bermitra dengan perusahaan politik Cambridge Analytica yang mengambil data pribadi pengguna yang lebih dari 50 juta untuk merancang sebuah iklan politik serta mempengaruhi pemilu 2016. Hal tersebut yang memicu sejumlah efek negatif pada Facebook.

Baca Juga : Terkait Kebocoran Data, Pengguna Bakal Tinggalkan Facebook ?

Kepala keamanan informasi perusahaan Alex Stamos, yang mengundurkan diri, kemudian saham perusahaan anjlok, sehingga anggota parlemen di AS dan Inggris menuntut untuk pertanggung jawaban dari pihak Facebook, dengan bocornya data tersebut, pengguna yang kini mulai khawatir.

Copyright©Tribun

Bukan itu saja, co-founder WhatsApp, yang merupakan aplikasi pesan instan mobile yang telah dibeli oleh Facebook pada 2014, kini memberitahukan orang-orang untuk menghapus akun Facebook miliknya. Di Twitter, Brian Acton yang mengungkapkan “Sudah waktunya. #deletefacebook,”.

Untuk pengguna tak perlu risau, ada sejumlah cara untuk memblokir beberapa akses melalui data pribadi oleh perusahaan pihak ketiga seperti Cambridge Analytica dan Facebook seperti biasa.

Baca Juga : Waspada, 50 Juta Data Pengguna Facebook Bocor !

Berikut cara melakukannya seperti yang dikutip oleh The San Diego Union Tribune, Rabu (21/3):

1 Cara mengakses Data Facebook anda

Ada dua cara bagi pengguna facebook untuk dapat masuk melalui data pribadi mereka sendiri, baik melalui Activity Log (Log Aktivitas) atau dengan cara mengunduh informasi. Dimana Log Aktivitas yang menyimpan data yakni riwayat lokasi pengguna, suka pada postingan serta situs, penelusuran dan lain-lain.

Tetapi informasi yang dapat diunduh yang memiliki lebih banyak detail sensitif mengenai pandangan agama pengguna, pandangan politik, nomor telepon, alamat IP serta informasi metadata dari foto.

2 cara menghapus Log Aktivitas Anda

Didalam log Aktivitas, kemudian klik “more” atau lebih di bawah filter “komentar” di kolom navigasi sebelah kiri.

Dengan cara klik lebih pengguna sehingga dapat mengakses riwayat pencarian mereka, riwayat lokasi dan juga video yang ditonton dan banyak lagi. Pengguna memiliki pilihan untuk “Clear Searches” dan Clear Location History” di dalam kategori tersebut.

Baca Juga : Ssstt.. Diam-diam Facebook Luncurkan Aplikasi Wifi di Indonesia !