Kinerja HP Android-mu Lelet? Inilah Dia Cara Ampuh Bikin Perfomanya Lancar Kembali !

0
1064
Copyright©Kompas Tekno

Cara Membersihkan Cache di HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan !

Eratekno.comYang menjadi penyebab utama HP Android kamu lemot biasanya menumpuknya file sampah atau cache yang tidak atau jarang sekali dibersihkan. File cache ini merupakan kumpulan file teks, gambar, video ataupun file yang diperlukan untuk mempercepat kinerja sebuah aplikasi.

Tapi ternyata file cache juga memiliki dampak buruk yang kurang baik bagi HP Android kamu lho. Pasalnya tanpa kita sadari, file cache yang jarang dibersihkan akan semakin menumpuk dan memakan ruang penyimpanan.

Untuk itu sebaiknya kamu harus rajin membersihkannya agar kinerja HP Android kamu tidak terganggu. Nggak mau kan HP Android kamu lemot saat dipakai? Nah untuk membersihkan cache ini biasanya dibutuhkan aplikasi pihak ketiga.

Baca juga : Bikin Konten Youtube Makin Menarik, 5 Aplikasi Android Untuk Edit Video Gratis Ini Patut Kamu Coba !

Namun ternyata ada cara lain lho yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan cache di HP Android tanpa aplikasi pihak ketiga. Penasaran? Begini lho tahap-tahap-nya.

  • Langkah pertama buka kunci HP Android dan langsung menuju ke menu Settings atau Pengaturan.
  • Setelah kamu berada di menu Settings, selanjutnya silahkan kamu masuk ke Manager Aplikasi.
Copyright©Rancahpost
  • Di tahap ini, kamu harus memilih beberapa aplikasi yang paling sering kamu gunakan di HP Android tersebut.
  • Setelah kamu selesai memilih aplikasi apa saja, langsung saja klik opsi Penyimpanan kemudian klik pada tombol Hapus Cache.
Copyright©Rancahpost
  • Jika semua tahapan tersebut sudah kamu lakukan maka file cache di HP Android ini kamu akan bersih sampai ke akar-akarnya.

Baca juga : Kesel Dapet Notifikasi “Ruang Penyimpanan Habis” Terus di HP Android? Begini Cara Mengatasinya !

Yang perlu di ingat cara membersihkan file cache di atas merupakan cara manual yang mengharuskan kamu memilih aplikasi satu per satu.

Jika kamu ingin membersihkan cache di HP Android dengan waktu yang singkat, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi pembersihkan yang banyak tersedia di Google Play Store dan bisa kamu unduh secara gratis.

Itulah tadi cara ampuh membersihkan cache di HP Android yang bisa kamu coba biar HP Android kamu nggak gampang lemot dan kinerjanya lancar kembali.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya !

Baca juga : Jangan Panik, Inilah Cara Mudah Hapus Pesan Yang Sudah Lama di WhatsApp !