Kominfo Hidupkan Mesin Pengais Konten Negatif Hari Ini

0
544
Copyright©Kompas

Hari Ini, Kominfo Akan Hidupkan Mesin Pengais Konten Negatif

Eratekno.com – Kementian Komunikasi dan Informasi telah selesai menguji coba mesin pengais (Crawling) konten negative atau di sebut ‘Ais. Mesin internet ini di harapkan bisa mereduksi penyebaran konten-konten berbau pornografi, judi, kekerasan, radikalisme dan SARA di internet Tanah Air.

Dirjen Aptika Kominfo, Samuel Abrijani Pangerapan menyebut Ais akan mulai beroperasi pada 3 Januari 2018. Ada tim khusus yang beranggotakan 58 orang yang baka in-charge selama 24 jam di bagi dalam 3 shift.

“Mesin ini akan lebih efektif dan efisien dari segi waktu dan volume untuk menyaring konten negatif,” kata dia, Jumat (29/12/3017), di “War Room” Kominfo lantai 8, Medan Merdeka, Jakarta di kutip dari Kompas.

Baca juga: Apple Percepat Program Pergantian Baterai iPhone, Kenapa?

Satu kali crawling dengan memasukkan kata kunci tertentu dapat mengais jutaan konetn dalam waktu 5 hingga 10 menit. Selanjutnya di pilih puluhan ribu konten-konten prioritas yang dinilai paling membahayakan berdasarkan tingkat view dan potensi viral-nya. Konten-konten itu di verifikasi oleh tim verifikator.

Tim tersebut yang menganalisi apakah konetn bertentangan dengan norma yang berlaku di Indonesia atau masih dalam batas wajar. Yang perlu di ketahui, mesin ini hanya bisa mengais konten negative yang tertera di ranah internet publik. mesin ini tak bisa mengais konten percakapan personal dan akun media sosial yang di ‘private’.

Setelah tersaring, konten-konten itu dipindai alias screen-capture sebagai bukti. Untuk sementara mekanisme screen-capture masih manual, tetapi sedang diupayakan agar serba otomatis.

Dengan barang bukti screen-capture, konten-konten akan diserahkan ke tim eksekutor. Mereka yang menentukan tindakan apa yang perlu diambil.

    Baca juga Ikuti Tren Kamera Ganda, Sharp Siapkan Aquos S3