Kominfo Sedang Siapkan 5G di Indonesia?

0
398
Kominfo Siapkan dua Spektrum 5G
Kominfo Siapkan dua Spektrum 5G Copyright©Detik

Kominfo Siapkan dua Spektrum untuk 5G

Eratekno.com – Meskipun sampai saat ini masih dalam tahap uji coba, Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) saat ini nyatanya sudah bersiap diri dalam menyongsong jaringan 5G. dua Spektrum yang disiapkan untuk jaringan seluler generasi kelima tersebut.

Baca Juga: Cara membungkam Anggota Grup yang Berisik di WhatsApp

Hal yang demikian ini disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (MenkomInfo) Rudiantara ketika membuka Telkomsel 5G Experience Center yang berlokasi di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Rabu 15 Agustus 2018 kemarin.

Menurut keterangan yang disampaiakn oleh beliau, untuk ujicoba 5G, Kominfo menyediakan spektrum di 2.8 GHz. Selama ujicoba tersebut berlangsung operator tidak dikenakan biaya apapun.

“Saat ini 2,8 GHz dibebaskan, saya ajak operator untuk ujicoba (5G),” ujar pria yang kerap disapa Chief RA itu.

Selain 2,8 GHz, Kominfo turut menyiapkan spektrum 3,5 GHz. Spektrum ini dinilai ideal untuk digelar jaringan 5G

Baca Juga: Jomblo? Pakai Aplikasi Pencari Jodoh Terbaik 2018 Ini

Namun spektrum 3.5 GHz masih berpenghuni. Spektrum ini digunakan untuk frekuensi satelit. Namun Kominfo siap membersihkan spektrum tersebut bilaman 5G sudah akan dikomersialkan.

“Nantinya 3.5GHz bisa dipakai, tetapi harus dibersihkan pada saatnya. Lagipula, 5G itu bukan teknologi yang langsung bisa di-deploy tahun depan. Jarinagan 5G masalah kompleks, makanya nanti akan dibuka opsi spektrum 3.5GHz,” pungkas Chief RA

Korea Selatan misalnya, Negeri Gingseng ini mulai menjajal 5G pada olimpiade musim dingin di PyeongChang awal tahun 2018. Lalu Jepang tengah bersiap meluncurkan 5G saat olimpiade 2020 mendatang.

“Indonesia tidak boleh kalah, kita adain showcase di Asian Games,” ujar Rudiantara saat acara peluncuran.

Telkomsel 5G Experience Center berlokasi di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Wahana 5G ini akan dibuka untuk publik selama perhelatan Asian Games 2018, yang dimulai sejak 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Baca Juga: Iklan Film the Nun Dicopot di Youtube Lantaran Bikin Copot Jantung