Lagi, 29 Aplikasi Android Untuk Edit Foto di Play Store Diduga Mengandung Malware Jahat!

0
316
Copyright©intisari.grid.id

Banyak Aplikasi Android Untuk Edit Foto Telah Disusupi Malware

Eratekno.com – Beberapa waktu lalu, sejumlah aplikasi yang diduga telah disusupi malware jahat telah ditemukan. Dan kini kabar yang sama kembali muncul, lantaran banyak Aplikasi Android berbahaya yang tampil di toko aplikasi Google Play, setidaknya ada 29 aplikasi yang diklaim membawa malware jahat. Sebagaimana yang dilaporkan oleh Perusahaan keamanan Trend Micro, bahwa mereka telah menemukan 29 aplikasi yang diduga telah disusupi oleh malware jahat.

Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi Android Bisa Bikin Smartphone Ngebut, Pilih Mana?

Kebanyakan Aplikasi Android yang terkena malware itu sendiri adalah aplikasi edit foto, seperti Pro Camera Beauty, Carton Art Photo, dan Emoji Camera yang diketahui telah diunduh lebih dari 1 juta pengguna. Penyelidikan yang dilakukan oleh peneliti keamanan asal Jepang ini sendiri juga mengungkapkan, bahwa salah satu taktik yang digunakan oleh aplikasi tersebut adalah dengan menampilkan iklan pop-up layar penuh.

Saat iklan berupa pop-up layar penuh itu ditampilkan, dan ternyata sang pengguna mengetuk iklan tersebut, maka akan langsung mengunduh pemutar video porno online yang tidak berfungsi meski setelah pembayaran dari pengguna diterima. Selain itu, ada juga yang mencoba teknik phising dengan mengunduh pemutar media berbayar dan diarahkan ke web untuk mendapatkan informasi pribadi dari pengguna.

Copyright©aplikasi

Lebih parahnya lagi, dalam beberapa kasus ada sejumlah Aplikasi Android untuk edit foto memungkinkan pengguna untuk mengunggah gambar ke server, memang sih aplikasi mengembalikan foto yang diedit, tetapi pengembang aplikasi akan diam-diam mengumpulkan foto pengguna untuk keperluan yang lainnya.

Dan perlu diketahui bahwa dengan adanya malware pada aplikasi ini sendiri akan memberikan dampak bagi pengguna, seperti sulit menghapus aplikasi tersebut dari perangkat padahal aplikasi dihapus. Selain itu, sebagaimana yang dikatakan oleh Trend Micro, bahwa aplikasi juga akan menggunakan pengepakan, metode kompresi arsip, yang akan menyembunyikan konten dari Google dan sistem keamanan, jadi pengguna akan sangat sulit untuk menghilangkan-nya.

Dengan adanya kasus semacam ini, disarankan bagi para pengguna Play Store untuk lebih berhati-hati dalam memasang sebuah Aplikasi Android di perangkatnya agar terhindar dari kejahatan.

Baca Juga : Ngaku Aja Deh, Diam-diam Kalian Pasti Pernah Gunakan Aplikasi Android Ini!