Lakukan Hal ini, Untuk Menjaga Privasi Akun Facebook Kamu Biar Tidak Dibajak!

0
205
Copyright©Beritagar

Fitur Pengenalan Wajah di Facebook Dianggap Langgar Privasi

Eratekno.com – Buat kalian pengguna setia sosial media Facebook, apakah masih ingat ditahun 2017 silam sosmed ini menghadirkan sebuah fitur bernama Tag Suggestion? Ya fitur ini dirilis untuk menandai foto dengan memindai wajah yang terdapat didalam foto tersebut dengan menggunakan teknologi Facial Recognition.

Fitur Facebook yang kini berubah nama menjadi Face Recognition tersebut kini telah mendapat kritikan dari sejumlah pengguna. Alasannya karena fitur ini dianggap telah melanggar privasi dari pengguna. Kok bisa?

Baca juga: Resmi, Inilah 3 HP Android  Murah dengan Kamera 48 MP Layak Kamu Beli!

Diduga, jika pihak Facebook telah melanggar Biometric Privacy Act dengan mengumpulkan serta menyimpan data biometrik pengguna tanpa seizin dari mereka. Dan kini, setelah beberapa waktu lalu menjadi settingan Default, akhirnya pihak Facebook memutuskan untuk menonaktifkan fitur tersebut sebagai settingan awal.

Copyright©Beritagar

Nantinya para pengguna bakal mendapatkan sebuah notifikasi jika ingin mengaktifkan fitur tersebut setelah pihak Facebook melakukan pembaruan dalam waktu dekat ini. Dengan begini, jika fitur tersebut diaktifkan maka pihak Facebook bakal mencoba mengenali wajah pengguna atau memberikan saran tagging dalam foto yang kemungkinan memuat wajah kalian.

Baca juga : Anti Lemot, 5 Smartphone Murah Rp 1jutaan Punya Chipset Octa-core Terbaik, Mau?

Sebaliknya, bagi kalian yang sudah mengaktifkan fitur ini nantinya tidak akan mendapat notifikasi serupa. Lalu bagaimana cara mematikan fitur Face Recognition dalam Facebook tersebut?

Langkah pertama kalian bisa melalui Facebook versi dekstop, dengan mengunjungi menu setting >> pengenal wajah. Jika kalian mendapat pertanyaan ‘Apa anda ingin Facebook dapat mengenali anda di foto dan video?’, setelah itu pilih edit dan ganti pilihan kalian menjadi ‘tidak’.

Sementara jika kalian ingin merubah pengaturan tersebut melalui Facebook Mobile, maka silahkan buka menu setting, lalu gulir kebawah dan cari menu Privasi. Cari menu Face Recognition, dan jika ada pertanyaan ‘Apa anda ingin Facebook dapat mengenali anda di foto dan video?’, setelah itu pilih edit dan ganti pilihan kalian menjadi ‘tidak’.

Baca juga: Anti Ribet, Berikut Ini Cara Jadwalkan Postingan di Facebook, Mau Coba?