Langsung Hapus Saja Jika Dapat Kiriman Seperti Ini di WhatsApp, Berbahaya !

247
Copyright©Globalnews

Waspada ! Isu Virus Corona di WhatsApp Bisa Disusupi Malware Berbahaya Lho !

Eratekno.comSeiring dengan hebohnya virus Corona belakangan ini membuat warga Indonesia juga ikut resah, terlebih kini banyak informasi yang ternyata hoaks yang disebarkan oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Menanggapi hal tersebut, Kementrian Komunikasi dan Informaika (Kemenkominfo) menghimbau masyarakat untuk berrhati-hati ketika menerima tautan atau lampiran dokumen yang diterima melalui WhatsApp tentang virus Corona.

Pasalnya bias saja pesan itu telah di susupi oleh malware yang bisa mengambil alih ponsel pengguna. Director Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan bahwa para hacker sering kali memanfaatkan isu yang sedang hangat untuk meretas smartphone atau perangkat lainnya.

Baca juga : WhatsApp Dianggap Sebagai Aplikasi Berbahaya, Kok Bisa?

Hacker memanfaatkan rasa ingin tahu masyarakat terkait dengan perkembangan informasi terkait isu hangat sepertin virus Corona yang belakangan ini cukup meresahkan masyarakat. Sehingga mereka akan terpancing untuk membuka pesan WhatsApp yang diam-diam ternyata di susupi oleh malware berbahaya.

“Malware itu menempel di hoaks-hoaks ini supaya bisa memancing orang penasaran lalu membukanya” ungkap Semmy di Konferensi pers persebaran informasi tentang virus Corona di Kantor Kominfo di Jakarta pada Senin, 3 Februari 2020 di lansir dari laman Kompas.com.

Terlebih lagi menurut Kemenkominfo, WhatsApp saat ini menjadi salah satu layanan yang paling banyak di gunakan untuk menyebarkan hoaks. Pria yang akrab di sapa Semmy ini mengatakan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi (BSSN) untuk memonitor malware yang kemungkinan masuk di dalam tautan hoaks.

Baca juga : Jaga Privasi Kamu di WhatsApp dengan 3 Fitur Ini, Dijamin Aman dari Hacker !

Sementara itu sebelumnya, firma keamanan Kaspersky menemukan adanya file berbahaya yang menyamar sebagai dokumen terkait Corona. Dokumen ini menyamar dalam format file pdf, mp4, dan docx tentang virus Corona. Di dalam file-file tersebut tersembunyi berbagai ancaman seperti Trojan hingga worm yang bisa melumpuhkan, menyalin data dan menganggung pengoperasian computer atau jaringan computer.

Senada dengan Semmy, mereka juga mengatakan masyarakat akan terpancing membuka pesan WhatsApp seperti itu karena mengkhawatirkan kesehatan mereka terkait persebaran virus Corona yang sayangnya dimanfaat oleh hacker untuk menyebarkan malware.

Jadi buat kamu pengguna WhatsApp jangan sembarang klik ya dan untuk lebih amannya langsung saja hapus pesan tersebut jika dirasa mencurigakan.

Baca juga : Anti Ribet, Begini Cara Video Call WhatsApp di Laptop dengan Mudah !