Laptop Terbaru Lenovo Usung Fitur Keamanan Pintar

0
381
Copyright©Lenovo

Lenovo Sematkan Fitur Keamanan Pintar Pada Laptop Anyarnya

Eratekno.com – Webcam merupakan salah satu hal yang menjadi incaran para hacker yakni dengan menyalakan dan mengakses webcam di laptop korban dari jarak jauh.

Hal itu juga mungkin yang membuat CEO Facebook, Mark Zuckberg memasang selotip pada webcam di laptopnya. Tak hanya Facebook, ada juga beberapa perusahaan yang membuat stiker khusu untuk menutup webcam.

Salah satunya adalah Lenovo. Lenovo pun menyadari hal tersebut dan menambahkan fitur keamanan pada jajaran laptop terbarunya yakni ThinkPad X1, tepatnya pada varian Carbon dan Yoga. Nama dari fitur keamanan itu adalah Think Shutter yaitu sebuah tombol untuk menutup webcam pada laptop tersebut.

Baca juga: Tahun Depan, Lenovo Mobile Prioritaskan Ponsel Motorola, Mengapa ?

Walaupun terlihat sederhana, akan tetapi menurut Kevin Beck, Senior Worldwide Competitive Analyst, Lenovo PC & SD, penambahan fitur ini tak sesederhana itu. lantaran tetap di butuhkan riset tambahan oleh Lenovo. Hal itu di lakukan karena fitur ini membutuhkan kamera dengan desain yang bar agar performanya tetap terjaga dan ketahanannya juga terjaga.

Lenovo menilai Think Shutter adalah hal penting karena bisa memecahkan masalah yang ada sebelumnya yakni dengan menutupi webcam dengan bermacam hal lain yang tidak enak di lihat, seperti stiker dan lainnya. Akan tetapi tentu saja yang paling penting adalah fitur ini bisa melindungi privasi penggunanya.

[email protected]

Baca juga: April 2018, Lenovo Lahirkan Kembali Smartphone ZUK?

Selain menutup webcam, X1 Carbon dan Yoga juga di lengkapi software yang bisa mendeteksi gerakan mata penggunanya. Yang artinya adalah ketika si pengguna tidak lagi melihat ke layar, laptop dapat secara otomatis mengunci dirinya sendiri agar layarnya tak di intip oleh orang lain.

Namun menurut Lenovo, fitur ini juga bisa di gunakan untuk hal lain, misalnya mengatur posisi konten tertentu di layar yang bisa di gerakkan dengan lirikan mata penggunannya. Fitur keamanan ini melengkapi sejumlah fitur andalan lain yang ada, seperti layar HDR Dolby Vision, mikrofon 360 derajat dan dukungan dua asisten digital yakni Amazon Alexa dan Microsoft Cortana.

Sebagai informasi dalam ajang CES 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat, Lenovo meluncurkan tiga laptop terbarunya yakni ThinkPad X1 Carbon, ThinkPad X1 Yoga dan ThinkPad X1 Tablet.

         Baca juga Trio Lenovo ThinkPad X1 Diperkenalkan di CES 2018 !