Lawan Hoax Soal Pandemi Covid-19, Pesan WhatsApp Kini Hanya Bisa Dibagikan 1 Kali!

131
Copyright©telco

Kini Meneruskan Pesan WhatsApp Hanya Bisa 1 Kali

Eratekno.com – Selain menjadi salah satu media komunikasi yang ramai digunakan ditengah geraka Social Distancing yang disebabkan wabah Virus Corona, WhatsApp rupanya juga dimanfaatkan oleh sejumlah oknum untuk menyebarkan misinformasi yang membuat resah masyarakat.

Nah dalam meredam aksi hoal soal pandemic Covid-19 tersebut, maka pada pekan ini WhatsApp pun mengumumkan sebuah fitur baru yang bisa membatasi penerusan / forward pesan secara berantai didalam aplikasinya.

Baca juga: Gratis Kuota 100GB di WhatsApp Cuma Hoaks, Inilah Yang Resmi dan Beneran Gratis !

Sebuah pesan yang sudah ‘diteruskan’ berkali-kali maka akan mendapat ikon panah dibagian atasnya sebagai kode. Namun kini pihak WhatsApp merubah kebijakannya dari sebelumnya bisa meneruskan pesan kepada 5 kontak, kini hanya bisa dibagikan untuk satu obrolan dalam satu waktu.

Copyright©telco

Sebelumnya pihak WhatsApp mulai memberikan tanda pada pesan berantai ini sejak pertengahan taun 2018. Setelah itu mereka pun membatasi forward ini hanya untuk 5 kontak saja yang mulai diberlakukan pada tahun 2019.

Jika nantinya pengguna WhatsApp mengirim lebih ke lima orang, maka nantinya akan mendapatkan notifikasi jika dirinya sudah mencapai batas maksimal forward pesan. Dengan menggunakan sistem tersebut, membuat WhatsApp mampu meredam penyebaran pesan berantai serta meredam penyebaran hoax atau berita bohong.

“Kami sebelumnya menetapkan batasan pada pesan yang diteruskan untuk menangani konten viral, yang menyebabkan penurunan pesan yang diteruskan sebanyak 25 persen secara global pada saat itu,” tulis WhatsApp dikutip dari laman KompasTekno.

Namun sepertinya saat ini pembatasan pesan untuk satu orang di WhatsApp masih belum merata, karena saat ini di Indonesia masih bisa meneruskan pesan lebih dari satu kontak.

Baca juga: Social Spy WhatsApp, Cara Membajak WhatsApp Terbaru yang Lagi Viral!