Makin Canggih, Android P Miliki Fitur Blokir Kamera dari Aplikasi Jahat !

0
319
[email protected]

Android P Punya Kemampuan Blokir Kamera dari Aplikasi Jahat !

Eratekno.comAndroid P merupakan sistem operasi Android anyar yang telah banyak ditunggu oleh penggemar. Menjelang acara perilisannya, salah satu fitur keamanannya yang telah bocor ke publik. Pada dasarnya, fitur keamanan tersebut bakal menyelamatkan anda dari aplikasi yang secara diam-diam merekam keseharian anda.

Baca Juga : Berikut Ini Cara Mengatasi Google Play Service di Android yang Bikin Baterai Boros!

Ada sejumlah aplikasi yang diketahui dari percakapan secara diam-diam, sepertii GhostCntrl. Melalui Proyek Android Open Source (AOSP), Android P yang diketahui bakal mencegah aplikasi jahat untuk mengakses kamera atau mikrofon smartphone. Lantas bagaimana fitur tersebut bekerja? Pada dasarnya aplikasi yang mempunyai user ID (UID), yang berguna sebagai tanda pengenal unik yang diberikan Android ke setiap aplikasi yang terpasang.

[email protected]

Jadi, saat anda menggunakan Android P, layanan kamera yang bakal menemukan suatu UID yang menganggur. Sehingga hal tersebut dijadikan Android untuk mengeluarkan sebuah notifikasi kemudian akan memblokir akses ke kamera.

Dengan Android P tersebut yang mampu membatasi kamera, sehingga aplikasi jahat yang tak dapat bergerak dengan bebas. Apabila mereka masih ngeyel untuk memata-matai anda, mereka harus menggunakan layanan lata depan untuk beroperasi.

Baca Juga : Mudah Banget! Ini Dia Cara Menggunakan WhatsApp Web di Android

Hal tersebut diungkap pertama kali oleh Google yang dengan tegas segera mengambil tindakan keras terhadap aplikasi. Sebelumnya mereka juga pernah menegur Cerberus sebab diketahui sedang melakuka pelacakan lokasi dari pengguna.

Sejauh ini, masih sedikit informasi yang beredar mengenai Android P, namun namanya tersebut disebut-sebut bakal mengacu pada nama es krim bertabur kacang arab “Pistachio Ice Cream”, hal tersebut seperti yang dihimpun oleh Kompas Tekno, Kamis (22/2/2018), dari Engadget.

Dari sejumlah sumber yang sesumbar jika Android P bakal mengutamakan perlindungan terhadap keamanan pengguna. Para pereas serta oknum jahil bakal dibikin kesulitan untuk membobol sistem keamanan pada smartphone Android ini. Namun rumor tersebut belum diinfokan secara resmi oleh Google.

Baca Juga : Wajib Tahu! Ini Dia Daftar Smartphone Android yang Sudah Disertifikasi Google