Makin Canggih, Benarkah Android P Bisa Ubah Ponsel Jadi Mouse dan Keyboard?

0
636
Android P
copyright©AndroidHeadline

Segera Hadir, Android P Bisa Sulap Ponsel Jadi Keyboard dan Mouse?

Eratekno.com – Setelah pada tahun 2017 lalu telah merilis Android versi 8.0 yang di beri nama Oreo, kini sudah saatnya bagi Google untuk mempersiapkan versi lanjutnya yakni Android 9.0. merujuk pada kebiasan Google yang sesuai urutan abjad, nama versinya akan di awali dengan huruf P.

Berdasarkan bocoran terbaru, Google menargetkan agar Android P bisa di rasakan oleh para pengembang (versi Preview) pada pertengahan bulan Maret ini. Sejalan dengan semakin dekatnya perilisan Android P berbagai bocoran fiturnya pun semakin banyak beredar.

Android P akan di bekali dengan dukungan untuk layanan profil perangkat Bluetooth HID. Dukungan ini akan memungkinkan pengguna untuk menjadi perangkat bersistem operasi Android P sebagai keyboard QWERTY atau mouse via Bluetooth.

Baca juga: Android P Developer Preview Resmi Rilis Pertengahan Maret 2018 !

Fitur ini mulai di perkenalkan pada tahun 2014 lalu, saat anggota forum Qualcomm CodeAurora menampilkan pacth untuk Bluetooth HID. Langkah selanjutnya terjadi pada bulan Desember 2019 lalu, saat patch di tambahkan.

Android-P
[email protected]

Kendati demikian, fitur ini di nonaktifkan pada update sistem operasi Android selanjutnya hingga saat ini. fitur ini kembali di aktifkan pada Android P setelah komitmen kedua di unggah dengan API yang kini di tampilkan setelah sebelumnya di sembunyikan.

API ini memungkinkan pengembang untuk memanfaatkannya sehingga aplikasi akan bisa berfungsi dengan kemampuan serupa keyboard dan mouse pada smartphone pengguna sistem operasi mobile terbaru dari Google yakni Android P.

Baca juga: Terungkap, Ini Dia Bocoran Fitur Android P

Sementara itu, perangkat Android pertama yang akan dapat menikmati fitur terbaru ini adalah smartphone besutan Google sendiri yakni Google Pixel dan Pixel XL. Fungsi baru ini tidak akan mengubah ponsel menjadi PC, tapi fungus ini memungkinkan pengguna membawa serta komputer tanpa keyboard atau mouse.

Sebelumnya, Google telah mengumumkan bahwa aplikasi Google versi iOS kini mendukung ekstensi iMessage yang memungkinkan pengguna untuk mencari dan berbagi hal seperti video, bisnis dan lainnya saat dengan berbincang dalam pesan dengan pengguna lain.

Tak hanya itu saja, Google juga diam-diam menggulirkan kemampuan mengunduh video untuk di nikmati secara offline di lebih banyak Negara. Fitur khusus ini dapat di nikmati pengguna di 125 negara di seluruh dunia.

      Baca juga Android P Bakal Hadir Dengan Pencegah Kamera Dibajak Aplikasi?