Makin Canggih, China Mulai Adopsi eSIM, Ponsel Tak Perlu Kartu SIM Fisik Lho!

0
310
copyright©Liputan6

Adopsi eSIM, Kini di China Ponsel Tak Perlu Kartu SIM Fisik Lho!

Eratekno.com – Seperti di ketahui sejak era 1990-an, ponsel selalu mengandalkan kartu subscriber identity module (SIM) untuk identifikasi perangkat saat tersambung ke jaringan seluler. Bentuknya memang makin menciut, akan tetapi tetap saja berupa bend fisik yang harus di selipkan ke parangkat.

Hal itu jauh berbeda dengan embedded SIM alias eSIM yang merupakan chip yang tertanam langsung di dalam perangkat. Chip ini di gunakan untuk menyimpan profil operator seluler yang bisa dig anti-ganti (saat ingin berganti operator) tanpa harus menukar kartu.

Dan konsumen di China kini sudah bisa mencicipi teknologi eSIM ini seiring dengan langkah operator seluler China Unicom yang telah menghadirkan eSIM besutannya di enam kota yakni Shanghai, Guangzhou, Shenzen, Zhengzhou dan Changsa.

Baca juga: Energizer Siapkan Energizer Power Max P20, Ponsel dengan Baterai 4000 mAh

Bukan hanya tak perlu memakai kartu SIM fisik, dengan menggunakan eSIM ini, pengguna bisa memakai nomor ponsel yang sama untuk dua perangkat secara bersamaan. Tentu saja hal ini di butuhkan perangkat yang sudah mendukung kemampuan eSIM ini.

Apple Watch Series 3
copyright©Apple

Di lansir dari TechNode pada Jumat, 9 Maret 2018, Apple Watch Series 3 menjadi perangkat pertama di China yang mendukung eSIM. Perangkat pintar besutan Apple ini pun bisa terhuubung ke jaringan seluler dan internet menggunakan nomor ponsel yang sama dengan di iphone pemiliknya.

Baca juga: Hadir Sebagai Versi Terendah, Huawei P20 Lite Tetap Usung Layar Poni Ala iPhone X

Tak hanya itu saja, pengguna juga bisa memakai Apple Watch Series 3 tanpa harus berkedekatan dengan ponsel untuk menjaga koneksi Bluetooth seperti Apple Watch generasi terdahulu. Apple Watch Series 3 sebenarnya sudah di rilis di China pada bulan November 2017 lalu sebelum operasi seluler China siap dengan eSIM.

Namun gadget tersebut mengalami masalah koneksi sehingga Apple mengembalikan uang konsumen China yang terlanjut membeli Apple Watch Series 3.

Sementara itu, China Unicom sendiri menjadi satu-satunya operator seluler yang menyediakan eSIM di negerai Tirai Bambu tersebut setidaknya sampai saat ini. untuk mendorong adopsi pengguna, China Unicom pun menggelar promosi biaya langganan lebih murah untuk eSIM kedua hingga akhir 2018 mendatang.

Baca juga Biar Nggak Ribet! Berikut Ini Cara Menghubungkan Akun Instagram dengan Akun Facebook dengan Mudah