Makin Canggih, Snapdragon 855 Bakal Digarap dengan Teknologi 7nm ?

0
277
[email protected]

Snapdragon 855 akan Dibangun dengan Teknologi 7nm ?

Eratekno.com – Seri prosesor anyar besutan Qualcomm terkini ialah Snapdragon 845 yang bakal diusung oleh sejumlah smartphone kelas papan atas, seperti Samsung Galaxy S9, LG G7, Xiaomi Mi7, Sony Xperia XZ Pro A, dan Google Pixel 3 XL.

Sebelumnya, seri Qualcomm Snapdragon 835, Snapdragon 845 yang dibuat pada proses 10nm. Tetapi Qualcomm yang masih belum mengumumkan ke publik apakah chip andalan tersebut berikutnya bakal dibangun dengan menggunakan teknologi chip 7nm atau tidak.

Baca Juga : Rumor : Nokia 8 Pro Usung Kamera 5 Lensa dan Snapdragon 845?

Dalam bocoran yang beredar baru-baru ini yang berasal dari postingan Roland Quant (@rquandt) di Twitter setidaknya memberikan sedikit petunjuk mengenai prosesor generasi yang akan datang, yakni Qualcomm yang bakal memberikan nama Snapdragon 855.

copyright©notebookcheck

Bocoran informasi tersebut, yang berasal dari semacam deskripsi pekerjaan salah satu kontraktor yang mengusung chipset tersebut. Dari deskripsi tersebut yang menggambarkan jika chip Qualcomm Snapdragon 855 yang bakal dibandung pada proses 7nm.

Samsung merupakan perusahaan satu-satunya produsen chipset yang bakal memproduksi Snapdragon 845 tetapi ada rumor jika Snapdragon 855 yang bakal diproduksi juga oleh TSMC. Sedangkan dalam beberapa hari yang lalu, Qualcomm yang dikabarkan telah menyiapkan dua modem generasi anyar yang mengawali debutnya di tahun 2019 yakni X24 dan X50.

Baca Juga : Terungkap, Smartphone Nokia 4 Bakal Ditenagai Chipset Snapdragon 450

Adapun X24 merupakan chip yang dibuat dengan teknologi 7nm yang mendukung dengan kecepatan LTE 2Gbps. Diperkirakan X24 dan Snapdragon 855 yang bakal dibandung dengan teknologi yang sama. Tetapi sayangnya, hingga kini masih belum diketahui lebih lanjut fitur apa yang bakal didukung dari penggunaan prosesor Snapdragon 855, termasuk smartphone apa yang nantinya bakal menjalankan prosesor tersebut.

Nokia yang juga mengusung prosesor besutan Qualcomm Snapdragon 845, yang dilengkapi dengan layar dengan desain terkini, dengan aspek rasio 18:9. Dalam waktu dekat, tepatnya dalam ajang gelaran Mobile Wolrd Congress 2018 di Barcelona HMD Global yang bakal merilis ponsel andalan, yakni Nokia 7 Plus dan Nokia 1.

Baca Juga : Snapdragon X24, Chip Modem LTE Berkecepatan 2 Gbps yang Bakal Segera Dikenalkan Qualcomm