Menyesatkan, Pengguna Hp Android Perlu Waspada Jika Dapat Pesan WhatsApp Seperti ini!

0
670
Copyright©Harian Online

Ada Hoax di WhatsApp Pengguna Hp Android

Eratekno.com – Belakangan ini beredar sebuah pesan Broadcast di Hp Android yang berisi tentang sebuah aplikasi yang mampu mengukur suhu tubuh pengguna, dimana pesan tersebut dibagikan di aplikasi Whatsapp.

Aplikasi yang dimaksud ini adalah Body Temperatur Diary, dimana isi pesan dalam Hp Android ini adalah berupa ajakan untuk menngunduh dan menggunakan aplikasi tersebut di dalam Google Play Store.

Baca juga: Bisa Internetan Terus, Begini Cara Bobol Password Wifi di Hp Android Tanpa Root!

Si pengirim pesan berantai di WhatsApp ini mengklaim, jika aplikasi yang dimaksud tersebut mampu mengukur suhu tubuh dari para pengguna. Cara memakainya pun cukup gampang, yakni tinggal meletakkan jari dilayar saja.

Copyright©Liputan 6

“Ada gambar sidik jari, tinggal jari jempol Anda tempelkan di gambar itu, nanti langsung ada hasilnya suhu badan kita. Hasilnya ada di CEL, itulah hasil suhu badan kita,” bunyi pesan hoaks yang beredar itu.

Baca juga: Fitur ‘Jadul’ di WhatsApp ini Di Upgrade Jadi Makin Canggih

Dikutip dari laman Liputan 6, mereka telah mencoba menelusuri kebenaran dari aplikasi untuk hp android tersebut, apakah benar mampu melakukan tugas seperti yang disebutkan dalam pesan tersebut.

Hasilnya, aplikasi tersebut tidak mampu menjadi sebuah thermometer untuk mengukur suhu tubuh seseorang, terlebih hanya dengan menempelkan jari dilayar. Sebenarnya di pembuat aplikasi android ini dalam disclaimer dalam Play Store sudah menjelaskan fungsi dari aplikasinya tersebut.

“Aplikasi ini dibuat untuk menjadi buku harian yang baik untuk (mencatat) suhu badan dan nadi Anda. (Aplikasi ini) tidak mengukur suhu dan nadi tubuh Anda,” demikian tulisan disclaimer dari pengembang aplikasi itu.

Dengan begini sudah jelas ya, jadi aplikasi Body Temperature Diary ini berguna untuk merekam suhu tubuh yang sudah diukur sebelumnya dengan thermometer milik pengguna. Setelah itu pengguna bisa menginput data suhu badan mereka secara manual di hp android tersebut dalam aplikasi tadi.

Baca juga: Rekomendasi Hp Android Dengan Kamera Canggih Harga Terjangkau, Mana Pilihanmu?