Meski Nyaman Dimata, Dark Mode di WhatsApp Ternyata Malah Bikin Masalah Ini !

0
676
Copyright©Indozone

Kekurangan Dark Mode WhatsApp Yang Patut Kamu Tahu !

Eratekno.comKini tampilan mode gelap atau dark mode telah diadaptasi oleh sejumlah aplikasi, media social hingga pada system operasi ponsel dan computer. Dan yang terbaru yang mengadopsi mode gelap adalah WhatsApp.

Yups, belum lama ini WhatsApp resmi meluncurkan dark mode untuk semua pengguna Android dan iOS. Meski begitu, dark mode WhatsApp tak sepenuhnya menggunakan warna hitam tetapi warna abu-abu gelap. Pasalnya perusahaan yang kini sudah diakusisi Facebook ini mengatakan penggunaan warna hitam pekat dan putih dinilai bisa menyebabkan kelelahan pada mata.

Dengan hadirnya dark mode pada WhatsApp ini diklaim bisa membuat baterai lebih tahan lama pada layar OLED. Tampilan mode gelap ini juga cocok untuk penderita Fotofobia.

Baca juga : WhatsApp Diam-diam Berikan Fitur Penting Ini Untuk Pengguna, Apa Itu?

Untuk diketahui Fotofobia merupakan rasa takut abnormal pada cahaya. kondisi ini menyebabkan mata menjadi sakit bahkan dalam kondisi cahaya yang relative rendah sekalipun dan memicu migran.

Namun sayangnya mode gelap di WhatsApp yang di nilai punya banyak manfaat bagi para pengguna ini tetap punya kekurangan yang perlu kamu ketahui sebelum nantinya ingin mencoba dark mode ini. Lalu apa sih kekurangan dark mode pada aplikasi besutan Facebook ini?

Copyright©Kompastekno

Kekurangannya adalah tak semua orang merasa nyaman menggunakan mode gelap ini. Pasalnya, fitur WhatsApp terbaru ini tak cocok untuk mereka yang mengharuskan untuk membaca cepat, mengoreksi tulisan atau memiliki mata silender.

Baca juga : Jangan Lakukan Kesalahan ini di Whatsapp, Jika Tak Mau Kena Masalah!

Menurut riset dari Universitas Passau, seperti dilansir situs UX Design, riset menyebutkan bahwa pembaca akan membaca teks lebih cepat ketika menggunakan latar putih. Dengan latar ini, mereka juga dapat mendeteksi kesalahan penulisan cepat.

Lantas sebenarnya apakah perlu mengiplementasikan mode gelap ini?

Sejatinya itu semua tergantung pribadi masing-masing. Apabila kamu membutuhkan mode ponsel yang ringan kamu pasti akan mengubah tampilan mode ponsel menjadi gelap. Sementara itu dilansir dari Phone Arena, mode gelap sebenarnya lebih cocok untuk malam hari. Contohnya untuk membantu memerangi insomnia (keadaan sulit tidur.

Jika ingin mencoba mode gelap ini, pastikan aplikasi yang digunakan di Android dan IOS menggunakan versi terbaru. Di Ios, WhatsApp terbaru versi 2.20.30. Sementara di Android, versi teranyar adalah 2.20.69.

Baca juga : Ada Larangan Pakai Aplikasi WhatsApp, Kenapa YA?