Meski Penting, Hapus Sekarang Aplikasi Android Ini Atau Privasimu Diobrak-abrik !

189
Copyright©Liputan6

Ribuan Aplikasi Android Ini Curi Data Sensitif Pengguna, Kamu Punya?

Eratekno.comSmartphone tanpa aplikasinya memang tak bisa berfungsi dengan baik. Pasalnya fungsi aplikasi ini memang sangat vital agar ponsel kamu bisa berjalan sesuai yang kamu inginkan. tapi apa jadinya jika adanya aplikasi Android tersebut malah bikin berbahaya?

Yups, baru-baru ini ArsTechnica telah menemukan sekitar 4.000 aplikasi yang ada di Google Play Store diam-diam mengumpulkan data pengguna. Lebih parahnya lagi data yang di ambil ini juga cukup banyak sehingga membahayakan para pengguna.

Seperti di ketahui bahwa ribuan aplikasi tersebut mengumpulkan data pengguna mulai dari Bahasa yang di gunakan sehari-hari, agama, status hubungan dan juga asal negara dari pengguna aplikasi itu lho. Tak berhenti di situ saja, yang lebih berbahaya lagi aplikasi ini juga mengumpulkan daftar aplikasi yang ada di HP Android pengguna.

Baca juga : Banyak Digunakan, Ternyata Aplikasi Zoom ini Memiliki Bahaya yang Mengintai Pengguna!

Yang mana data yang mereka kumpulkan tersebut memiliki tingkat akurasi hingga 70 persen. Semua informasi yang dikumpulkan kemudian dikirimkan kepada pengembang tanpa izin dan notifikasi apapun ke pemilik smartphone.

Copyright©nextren

Menurut kabar yang beredar, developer dari aplikasi tersebut memakai system IAM (Metode Instalasi Aplikasi Android). IAM sendiri merupakan antarmuka pemrograman aplikasi yang memungkinkan aplikasi berinteraksi diam-diam dengan program lain pada ponsel yang sama.

IAM memakai dua metode untuk mengambil berbagai jenis informasi terkait aplikasi apa saja yang dipasang dan yang kedua tidak diklasifikasi Google sebagai API sensitive. Kurangnya informasi tersebut memungkinkan pengembang untuk menggunakannya tanpa diketahui oleh pengguna.

Baca juga : Aplikasi ini Mampu Deteksi Corona Dengan Suara, Mau Coba?

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh peniliti, sebagian pengembang mengumpulkan data aplikasi yang terpasang di HP Android pengguna yang menjalankan aplikasi berjenis launcher.

Dengan informasi ini, aplikasi jenis launcher bisa menyesesuaikan homescreen dan menyediakan pintasan. Tak hanya itu saja, system IAM ini biasanya juga di gunakan pada aplikasi VPN, Backup Softrware, pengelola notifikasi, antimalware, penghemat baterai dan juga firewall.

Namun saat ini system itu malah disalahgunakan oleh developer. Untuk itu pengguna dihimbau hati-hati sebelum menginstall aplikasi Android sejenis diatas atau privasimu terancam diobrak-obrik.

Baca juga : Jangan Terkecoh, Aplikasi WhatsApp Ini Ternyata Menyimpan Bahaya Mengerikan !