Microsoft Hadirkan Windows Analytics, Fitur Untuk Mendeteksi Malware

0
390
Windows Analytics
copyright©liputan6

Gunakan Windows Analytics Untuk Mengecek Apakah PC Windows Terjangkit ‘Meltdown’ dan ‘Spectre’, Ini Caranya!

Eratekno.com – Seperti diketahui jika keberadaan virus yang menyerang komputer maupun perangkat saat ini sungguh mengkhawatirkan. Guna mengatasinya Microsoft baru saja merilis fitur untuk mendeteksi keberadaan virus Malware berbahaya seperti Maltdown dan Spectre pada perangkat.

Nampak fitur buatan salah perusahaan teknologi terbesar di dunia itu disematkan dalam aplikasi Windows Analytics yang kerap digunakan oleh para programer untuk mendeteksi kondisi perangkat mereka. Mengenai hal ini juga diungkapkan oleh Executive Vice President, Windows and Devices Group, Terry Myerson.

Baca juga :  Microsoft ‘Stop’ Dukungan Untuk OS Windows 8.1, Kenapa?

Dia mengungkapkan jika fitur ini akan memungkinkan Windows Analytics meriksa kondisi firmware pada perangkat. Selanjutnya Analytics akan memberikan notifikasi mengenai keadaan perangkat dan langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Cukup diketahui jika Tool Windows Analytics mempunyai sifat add-on. Tool ini dapat dipasang di komputer Windows dengan mendaftar lebih dulu melalui tautan yag sudah disedikan oleh Microsoft. Selain dapat mendeteksi status firmware, fitur Windows Analytics ini juga dapat meningkatkan layanan yang sudah seperti fitur untuk memeriksa kompatabiitas antivirus serta keamanan sistem operasi (OS) Windows.

Windows Analytics
copyright©windowsblog

Diketahui dari blog resmi Microsoft, Myerson menambhakan jika fitur ini kompatibel dengan sejumlah OS Windows populer mulaia dari Windows 7,8.1 dan juga 10. Menariknya lagi layanan yang disediakan ini dapat dimanfaatkan atau digunakan secara gratis.

Sementara itu cukup diketahui jika munculnya malware dikatakan sangat mengganggu dan juga merugikan pengguna perangkat. Seperti awal tahun 2018 ini, kemunculan Meltdown dan Spectre tepatnya bulan Januari lalu menjadi masalah bagi keamanan perangkat.

Baca juga :  Microsoft Garap Polaris, Sistem Operasi Windows 10 Pesaing Chrome dan iOS !

Dikatakan demikian karena keberadaan celah ini memungkinkan sejumlah orang mencuri informasi yang terdapat pada perangkat. Celakanya lagi, perangkat yang terinfeksi dua malware berbahaya ini tak dapat diperbaiki lagi. Namun untuk memasang tambahan lubang kemanan ini juga tidak mudah.

Tak semua orang mengerti dan tahu cara melaukan perbaikan ini. Akan tetapi dengan adanya tool Windows Analytics ini, Microsoft berharap penggua dapat dengan mudah mengidentifikasi dan meminimalisir penyebab infeksi pada perangkat mereka. Selain mengidentifikasi, fitur Analitycs ini juga akan memberikan saran untuk pengguna mengenai cara meningkatkan kemanan pada perangkat yang terjangkit virus berbahaya.

Baca juga :  Fitur Microsoft Satu Ini Bikin Penulisan CV Lebih Mudah Lho, Mau Coba?