Mudah Banget! Begini Cara Mengatasi Kamera Gagal (Error) di Smartphone Android!

0
347
Copyright©smartphone error

Cara Mudah Atasi Kamera Force Close di Smartphone Android

Eratekno.com – Seperti yang diketahui bersama, bahwa setiap Smartphone Android saat ini telah dibekali dengan spesifikasi dan fitur mumpuni, mulai dari chipset, RAM, sistem operasi hingga fitur fotografi. Kebanyakan orang pastinya memilih perangkat dengan kemampuan kamera yang terbaik untuk mengabadikan momen tertentu dengan lebih baik. Apalagi, sekarang sudah banyak perangkat dengan kamera be-resolusi tinggi, sehingga membuat kegiatan selfie dan fotografi menjadi lebih praktis.

Baca Juga : 5 Aplikasi Lock Screen Terbaik Untuk Smartphone Android, Cobain Yuk!

Kendati demikian, meskipun sudah mendukung fitur kamera yang apik, beberapa pengguna mungkin pernah mengalami kondisi, dimana kamera gagal atau error pada Smartphone, sehingga kamera mendadak keluar. Nah, bagi kalian yang mungkin mengalami kondisi seperti ini, sebaiknya langsung simak nih, berikut cara mengatasi kamera force close dengan mudah.

Cara Mengatasi Gagal (Error) di Smartphone Android

Restart Perangkat

Hasil gambar untuk restart android
Copyright©Lifewire

Langkah pertama untuk mengatasi kamera Smartphone Android yang mendadak error dan keluar sendiri, sebaiknya langsung lakukan restart pada perangkat, dengan cara mematikan dan menghidupkan kembali ponsel kalian.

Paksa Berhenti dan Hapus Data Kamera

Cara kedua adalah dengan menghentikan secara paksa aplikasi kamera tersebut dan menghapus datanya. Caranya cukup masuk ke menu ‘Setting’ >> Manager Aplikasi >> pilih Tab Semua >> cari Aplikasi Kamera >> Paksa Berhenti >> hapus data.

Lakukan Scanning Untuk Hilangkan Virus pada Perangkat

Hasil gambar untuk scanning virus android
Copyright©YouTube

Kemudian, kalian juga bisa melakukan scanning terhadap virus secara berkala, sehingga virus tidak bersarang di dalam Smartphone dan menghambat kinerja perangkat, termasuk mengakibatkan kamera gagal atau error.

Bawa ke Tempat Service

Jika semua usaha belum ada hasil, maka cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan membawa perangkat tersebut ke tempat service, sehingga nanti akan dicek apakah ada kerusakan pada hardware dan perangkat kalian akan segera diperbaiki.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi kamera gagal (error) di Smartphone Android yang bisa kalian coba terapkan dengan mudah saat kamera mendadak keluar. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Susah Konek? Ini Cara Mudah Mengatasi WiFi Tidak Bisa Tersambung di Smartphone Android!