Mudah Banget! Begini Cara Pindahkan Aplikasi WhatsApp ke Kartu SD Secara Manual

0
676
Copyright©iStockPhoto

Cara Memindahkan Aplikasi WhatsApp ke Penyimpanan Eksternal

Eratekno.com – Seperti yang diketahui bahwa setiap pengguna Smartphone masa kini pastinya sudah memasang sebuah aplikasi per-pesanan seperti WhatsApp di perangkatnya sebagai media komunikasi utamanya. Aplikasi pesan instan ini sendiri memang gratis untuk digunakan, hanya saja membutuhkan koneksi data (internet) untuk tetap terhubung dengan teman, keluarga maupun pengguna lainnya. Bukan hanya berguna untuk mengirimkan pesan berupa teks saja, melainkan juga bisa mengirimkan pesan berupa foto, video, GIF dan masih banyak lagi.

Baca Juga : WhatsApp Web Sudah Terima Fitur ‘Picture in Picture’, Cobain Yuk!

Dengan begitu, saat menggunakan aplikasi WhatsApp ini sendiri pastinya akan membuat penyimpanan internal pengguna semakin penuh, jadi jika penyimpanan penuh, kemungkinan mereka tidak akan bisa memasang aplikasi baru dalam perangkatnya. Nah, untuk mengatasi hal ini sebenarnya kalian bisa menghapus file-file aplikasi tersebut pada penyimpanan, namun jika file itu penting, sebaiknya coba cara berikut ini.

Copyright©Eratekno.com

Cara Memindahkan File WhatsApp ke Kartu SD secara Manual

Dengan menggunakan cara ini, maka kalian bisa mengosongkan penyimpanan internal dari file-file WhatsApp, jadi penyimpanan internal kalian akan semakin lega. Begini caranya:

  • Pertama-tama, buka ‘File Manager’ yang ada di masing-masing perangkat kalian.
  • Kemudian, pilih penyimpanan internal dan temukan folder WhatsApp.
  • Jika sudah ketemu, pilih folder tersebut dan lanjutkan ke folder media di dalamnya. kemudian, kalian akan melihat beberapa media yang ada di WhatsApp.
  • Disini, kalian bisa memilih folder mana saja yang akan dipindahkan, atau bisa memilih semuanya untuk dipindahkan.
  • Setelah itu, tekan lama salah satu folder tersebut, dan jika ingin memindahkan semua, maka beri tanda centang semua, lalu klik ‘Pindah’.
  • Kemudian, pilih lokasi di kartu SD untuk memindahkan, bisa membuat folder baru atau folder yang ada. Kemudian pilih opsi ‘Selesai’. Kini file WhatsApp kalian sudah dipindahkan seluruhnya ke kartu SD.

Nah, seperti itulah cara memindahkan Aplikasi WhatsApp atau file-file yang ada di WhatsApp ke kartu SD yang bisa kalian terapkan dengan mudah. Namun perlu dicatat, agar penyimpanan internal tidak penuh, maka lakukan pemindahan secara berkala. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Tips Agar Pesan WhatsApp Tetap Centang Satu Meski Sudah Dibaca!