Mudah! Inilah Cara Atasi Fitur ‘Ok Google’ Yang Error di Android

0
1766
copyright©

Berikut Cara Atasi Fitur ‘Ok Google’ Yang Error Dengan Mudah

Eratekno.com – Sudah cukup lama Google telah mengembangkan teknologi buatannya yang dapat digunakan dengan mudah. Tentu fitur Google Now, Google Assistant atau kerap dijuluki dengan ‘Ok Google’, kini sangat membantu aktivitas penggunanya.

Fungsinya dapat digunakan untuk mengirimkan pesan WhatsApp tanpa harus capek mengetik. Wih, keren kan? Namun tidak menutup kemungkinan jika diantara kamu pernah merasakan fitur tersebut tidak berfungsi. Untuk itu, kalian bisa simak Cara Atasi Fitur ‘Ok Google’ yang error di Android kamu.

Berikut Ini Cara Atasi Fitur ‘Ok Google’ Yang Error

Sebelumnya perlu diketahui bahwa untuk mendeteksi kerusakan pada fitur Ok Google ini, terlebih dahulu kamu cek pada sisi hardware setelah itu software yang mendukung. Simak kelanjutannya!

Baca Juga : Google Bantah Aplikasi Maps-nya Sudah Masuk ke Tiongkok

  • Cek Fungsi Mikrofon

Untuk mengecek hardware, kita bisa lakukan pengecekan pada mikrofon smartphone. Sehingga kamu bisa coba bersihkan lubang mikrofon yang kerap menjadi bagian rawan kotor. Bersihkan menggunakan cotton bud secara perlahan-lahan, jika sudah langsung tes mikrofon smartphone mampu bekerja atau tidak.

  • Cek Pengaturan Bahasa

Selanjutnya, kamu bisa mengecek kembali pada pengaturan bahasa, bisa jadi fitur Ok Google ini tidak mau menanggapi karena perintah suara yang diberikan. Untuk mengatur bahasa bisa buka menu Settings >lalu ke menu Google.

copyright©Jalantikus

Selanjutnya, tab Service >Menu Search >Voice untuk ke pengaturan suara. Kemudian pilihlah opsi Language lalu pilihlah pengaturan bahasa utama dan cadangan yang akan kamu gunakan untuk melakukan akses fitur Ok Google.

  • Matikan S Voice atau Bixby Bagi Smartphone Samsung
copyright©Jalantikus

Jika diantara kalian menggunakan smartphone Samsung, maka kemungkinan besar terjadinya error ini karena terganggu dengan aplikasi S Voice atau Bixby. Dengan mematikan satu diantaranya, maka tidak akan terjadi crash.

Baca Juga : Diblokir, eSports Jadi Pilihan Google Untuk Tembus Tiongkok

  • Reset Opsi Ok Google

Reset Opsi atau pengaturan Ok Google ini menjadi cara terakhir untuk mengatasi error yang terjadi pada Google Assistant. Sehingga akan membuat kita kembali ke pengaturan semula dan kemungkinan fungsinya akan dapat dijalankan kembali.

Untuk car Reset sendiri bisa dilakukan dengan kembali ke menu Google pada Settings >Search >Voice setelah itu bisa memilih opsi ‘OK Goggle Detection’ atau bisa memilih Voice Match.

copyright©Jalantikus

Kemudian, bisa aktifkan toggle pada pilihan Say Ok Google any Time, sehingga kamu akan di arahkan ke pengaturan awal Google Assistant. Dan kamu bisa ikuti langkah awal seperti biasa dengan menyebutkan ‘Ok Google’. Sehingga kamu telah berhasil melakukan reset.

Nah, cara di atas adalah Cara Atasi Fitur Ok Google yang Error dengan mudah, sehingga kamu akan bisa kembali untuk menggunakan fitur tersebut dan membantu aktivitas seperti biasa.

Baca Juga : Pemerintah Inggris Ancam Facebook dan Google Soal Teroris !