Murah Banget, Harga iPhone XS Max Asli Terbongkar?

0
349
Copyright©Digital Trends

Harga iPhone XS Max Mencapai 3x Lipat dari Biaya Produksi

Eratekno.com – Seperti yang kita ketahui, jika iPhone XS Max menjadi smartphone pertama Apple yang memiliki harga jual paling mahal sepanjang sejarah. Dimana rentan harga iPhone XS Max mulai dari 1.099 USD (Rp 16 jutaan) untuk varian 64 GB, dan varian paling tinggi memiliki 1.449 USD (Rp 21.5 jutaan) untuk memori 512 GB.

Yang menjadi pertanyaan, apakah memang modal asli dalam pembuatan iPhone XS Max ini sampai semahal itu? Atau memang Apple sengaja menaikkan harga iPhone XS Max guna menambah keuntungan mereka dari tahun sebelumnya?

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Perbedaan Apple iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max

Dikutip dari laman kompastekno,  menurut penelitian yang dianalisa oleh TechInsight, jika harga asli atau ongkos produksi dari iPhone XS Max (256 GB) hanya sekitar 433 USD (Rp 6 jutaan) saja. Padahal saat ini, harga jual varian tersebut dibanderol 1.249 USD (Rp 18,5 jutaan).

Copyright©Digital Trends

Jika memang hitungan tersebut benar, maka artinya jika perusahaan Apple telah menjual perangkat iPhone XS Max hampir 3 kali lipat dari ongkos produksi mereka. Bisa dikatakan, jika perusahaan Apple berani melakukan hal ini karena memang semua smartphone mereka terkenal sebagai ponsel premium.

Baca juga: Jangan Dibeli, Deretan smartphone Ini Tak Bisa Gunakan Whatsapp!

Lebih detail, TechInsight telah menjabarkan mengenai harga komponen yang digunakan untuk membangun iPhone XS Max. mulai dari penel layar OLED 6,5 inch yang memiliki harga paling mahal, yakni 80,50 USD (Rp 1,2 jutaan).

Lalu unutk chipset Apple A12 Bionic yang harganya memang cukup mahal, yakni 72 USD (Rp 1 jutaan). Komponen lainnya seperti memori internal serta housing eksternal yang masing-masing memiliki harga 64 USD (Rp 956 ribu) dan Rp 58 USD (Rp 866 ribu).

Dan jika di total keseluruhan ongkos perakitan iPhone XS Max ini sebenarnya tak beda jauh dengan iPhone X yang dirilis tahun 2017 silam, hanya beda 50 USD (Rp 749 ribu). Namun perlu di ingat, jika ini hanya ongkos produksi saja, belum biaya riset, pengembangan, pemasaran, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Catat, Ini jadwal Trio iPhone 2018 Rilis di Indonesia!