Nggak Pake Ribet, Begini Lho Cara Mengurus Paspor Via WhatsApp !

0
182
Copyright©Pergi Umroh

Urus Paspor Bisa Via WhatsApp, Inilah Caranya Lengkapnya !

Eratekno.comBaru-baru ini Kantor Keimigrasian melakukan inisiatf pengurusan paspor menjadi lebih mudah dengan membuka kanal informasi terkait permohonan paspor di Kantor Imigrsi Kelas 1 Non TPI Jakarta Pusat melalui WhatsApp SIGAP yang dirilis 2019 lalu.

Inovasi ini memungkinkan pendaftar mengecek status permohonan paspor, mengetahui tata cara pembayaran, persyaratan permohonan paspor, tata cara antrian pengambilan paspor atau sekedar menyampaikan apresiasi dan aspirasi.

Pemohon cukup mengirimkan pesan teks ke WhatsApp SIGAP di nomor +628118539333. Setelah itu pemohon akan mendapatkan balasan pesan berisi layanan menu informasi yang ingin diketahui. Kasubbag Humas Direktorat Jenderal Imigrasi, Sam Fernado mengaku bahwa teknologi ini menjadi bagian penting untuk meningkatkan dan mempermudah pelayanan.

Baca juga : Jangan Coba-coba, Kirim Pesan Seperti Ini di Grup WhatsApp Bisa Dipenjara Lho !

Sebelumnya, Ditjen Imigrasi juga telah menggunakan WhatsApp untuk mengurangi antrean di tempat.

Pemohon hanya perlu melakukan reservasi dengan mengirim pesan melalui nomor WhatsApp, dan akan menerima pesan balasan yang berisi pemberitahuan nomor reservasi beserta waktu dan tanggal. Masih memanfaatkan teknologi, antrean online saat ini dapat dilakukan melalui aplikasi Layanan Paspor Online.

Copyright©Pergi.com Blog

Upaya ini menunjukkan bagaimana transformasi digital telah mengubah cara berkomunikasi antara pemerintah dan masyarakat. Indeks Kepuasan Masyarakat untuk Layanan Publik yang diterbitkan Direktorat Jenderal Imigrasi RI tahun 2018 mengungkapkan bahwa sebagian besar masyarakat memperoleh informasi pembuatan paspor lewat digital.

Baca juga : Sebelum Nyesel, Deretan Virus Bahaya di WhatsApp Wajib Kamu Waspadai !

Buat kamu yang khawatir akan keamanan datamu nggak perlu takut karena end-to-end encryption WhatsApp memastikan bahwa hanya kamu dan orang yang berkomunikasi dengan kamu saja yang bisa membaca pesan yang telah di kirim dan tak ada orang lain diantara kamu bahkan WhatsApp.

Pesan kamu diamankan dengan kunci dan hanya penerima pesan dan kamu saja yang memiliki sandi/kode khusus yang diperlukan untuk membuka kunci dan membaca pesan Anda. Untuk keamanan tambahan, setiap pesan yang Anda kirim memiliki kunci yang unik.

Semua hal ini terjadi secara otomatis artinya kamu tak perlu mengaktfikan Setelan/Pengaturan tertentu atau menyiapkan bahasa chat rahasia untuk mengamankan pesan WhatsApp kamu.

Dengan kebijakan yang dikeluarga oleh pihak Imigrasi ini tentunya makin memudahkan masyarakat dalam pengurusan WhatsApp. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Tahun Ini WhatsApp Tak Gratis Lagi, Segini Lho Harganya !