Nokia 8 Sirocco, Smartphone Android One Desain Bazel-less Berbahan kaca dan RAM 6GB

0
952
nokia-8 sirocco
[email protected]

Meluncur di MWC 2018, Ini Spesifikasi Nokia 8 Sirocco Desain Memukau dengan Bodi Tipis Berbahan Kaca

Eratekno.com – Acara bergengsi Mobile World Congress (MWC) 2018 yang digelar di Barcelona, Spanyol menjadi ajang untuk sejumlah vendor smartphone. Mereka nampak berlomba meluncurkan perangkat terbarunya dari berbagai kelas mulai dari low-ed hingga high-end.

Salah satu vendor smartphone ternama yang ikut meramaikan gelaran MWC 2018 yakni HMD Global. Pemegang lisensi Nokia itu turut meluncurkan smartphone flagship terbarunya yakni Nokia 8 Sirocco. Cukup diketahui jika model perangkat ini merupakan upgrade dari Nokia 8 yang telah dirilis secara internasional pada Agustus 2017 kemarin.

Baca juga : Samsung Galaxy S9 Vs Nokia 8 Sirocco, Berikut Perbandingan Spek dan Harganya

Namun meskipun menggunakan nama yang sama, perangkat terbaru Nokia ini memiliki spesifikasi yang cukup jauh dengan pendahulunya itu. Nokia Sirroco memperlihatkan desain memukau dengan bodi tipis (bazel-less) dan terlihat 95 persen dari bodinya berlapiskan kaca.

Nokia 8 Sirocco menggunakan layar OLED yang terbentang 5,5 inci melengkung. Nampak pada perangkat ini hanya menyisakan kerangka tipis yang terbuat dari stainless-steel. Tapi terlihat pada bagian atas dan bawah layar digunakan bazel yang cukup tebal.

HMD memberikan bahan kaca pada sisi belakang Nokia Sirocco ini bukan tanpa alasan. Sang vendor menggunakan bahan kaca dengan tujuan sebagai konduktor untuk pengisian daya tanpa kabel (wireless charging). Selain itu digunaknnya bingkai tipis bertujuan untuk memindahkan fitur keamanan pemindai sidik jari (fingerprint sensor).

Nokia-8-Sirocco
copyright©drodlime

Cukup diketahui jika Nokia sebelumnya meletakkan fingerprint sensor di bawah layar untuk Nokia 8. Namun saat ini pada Nokia Sirocco, sensor ini berpindah ke belakang tepatnya terletak di bawah kamera ganda (dual-camera) yang tersusun secara vertikal. Sedangkan desainnya yang semakin tipis dimaksudkan untuk meniadakan headphone jack, sehingga dibutuhkan koneksi bluetooth untuk menyambungkan headphone atau adapter yang terdapat di kotak perangkat via port USB type-C.

Sedangkan bicara soal jeroan, Nokia 8 Sirocco ini dibekali dengan chipset Snapdragon 835 samahalnya sepeti Nokia 8. Untuk menyokong chipset tersebut diguakan RAM 6GB serta dukungan memori internal 128 GB. Perangkat terbaru Nokia ini juga akan dijalankan dengan sistem operasi (OS) Android One.

Baca juga : Resmi Meluncur di MWC 2018, Berikut Spesifikasi Lengkap dengan Harga Nokia 7 Plus dan Nokia 8 Sirocco

Sadangkan pada segi fotografi, Nokia Sirocco ini mengandalkan lensa Carl Zeiss beresolusi 12 MP dengan aparature f/1,75 lengap dengan LED Flash. Pada kamera kedua digunakan resolusi 13 MP dengan lensa telephoto yang dapat untuk memperbesar gambar hingga dua kali serta dengan aparatre f/2,6. Untuk bagian depan disematkan kamera 5 MP dengan sudut pandang 84 derajat untuk selfie.

Sementara itu Nokia 8 Sirocco sendiri diketahui masih mengusung fitur ‘bothie’ atau fitur untuk pengambilan gambar menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan. Kemudian ada model lain yakni Pro Camera yang menawarkan pengaturan kamera secara manual untuk menu radial, mengubah white balance, fokus, ISO, shutter speed dan exposure. Mode Pro sendiri sebelumnya juga digunakan pada perangkat Nokia Lumia.

Baca juga : Resmi Meluncur, Android Go dari Nokia 1 Tawarkan Kesan Nostalgia Xpress-on cover