Nonaktifkan Saja, Fitur di HP Android Ini Ternyata Bisa Bikin Mata Rabun Lho !

24435
Copyright©GRID.ID

Efek Negatif Penggunaan Fitur Dark Mode di HP Android !

Eratekno.comBelakangan ini fitur dark mode alias mode di gelap tengah menjadi populer dan banyak di perbincangkan oleh para pengguna HP Android maupun iOS. Yups, fitur ini tengah jadi favorit para pengguna.

Di ketahui bahwa fitur dark mode ini memberikan pengalaman baru bagi pengguna HP Android. Tampilan antarmuka yang di sajikan menjadi warna gelap.Dan yang paling menarik dari fitur ini adalah bisa membuat baterai smartphone menjadi lebih hemat.

Pasalnya layar menjadi tidak harus menyediakan tingkat kecerahan tinggi dari panel yang di pakai sehingga konsumsi baterai HP Android bisa di tekan tiap kali smartphone aktif di gunakan dalam waktu yang lama.

Baca juga : Pengen Jadi Orang Misterius? 4 Fitur Rahasia WhatsApp Ini Wajib Kamu Aktifkan !

Namun di balik semua hal yang membuat fitur ini terlihat menarik, ternyata ada efek buruk yang tidak di sadari oleh penggunanya. Pengguna fitur ini bisa mengalami gangguan penglihatan bernama astigmatisme atau mata silender. Efek buruk ini terjadi jika dark mode di pakai dalam kondisi siang hari atau pencahayaan di sekitar pengguna cukup terang.

Pada dasarnya, fitur dark mode di HP Android ini membuat latar belakang berwarna geap dan teks berwarna cerah. Hal ini memudahkan dan membuat mata lebih nyaman karena dalam kondisi penggunaan minim cahaya efeknya membuat konten di layar lebih mudah terbaca.

Copyright©DetikNet

Namun jika dark mode di aktifkan dalam kondisi siang hari justru antarmuka dan konten di layar sulit di baca. Sementara itu dilansir dari Android Authority, efek dark mode dalam kondisi penggunaan yang salah ternyata bisa mengakibatkan mata mengalami sinder atau astigamatisme menurut riset American Optemotric Associaton.

Baca juga : HP Android RAM 8GB Ini Akhirnya Mendarat di Indonesia, Segini Lho Harganya !

Di jelaskan bahwa bentuk kornea menjadi oval sementara iris mata tetap berbentuk bulat. Penderitanya akan mengalami kesulitan saat membaca teks atau konten berwarna putih atau cerah dengan latar belakang gelap. Efek ini akan dibarengi dengan rabun jauh atau dekat.

Mudahnya, mata akan terasa membayang saat melihat sesuatu atau membaca teks di latar belakang gelap.

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai efek negative penggunaan dark mode di HP Android. Jadi sebaiknya kamu lebih bijak menggunakannya.

Semoga bermanfaat ya!

Baca juga : Harga Rp1jutaan, Smartphone Murah Terbaru Ini Bakal Mendarat Pekan Depan?