Operator Indonesia Tercepat Versi Q1 2018, Siapakah Juaranya?

0
1834
SIM Prabayar
Copyright©EduNews

Data Dikumpulkan Mulai Awal Bulan Januari Hingga Akhir Juni 2018

Eratekno – Memang sudah seharusnya kualitas jaringan di Indonesia semakin membaik seiring berjalannya waktu. Hal ini bertujuan untuk memuaskan dan memenuhi setiap kebutuhan para penggunanya di seluruh Indonesia yang menggunakan jaringan lokal.

Bahkan kini di kota-kota besar, jaringan tercepat 4G hingga 4.5G sangat dibutuhkan sekali untuk memperlancar akses komunikasi. Akan tetapi daerah pelosok juga tidak boleh ketinggalan sebab disana juga ada sebagian masyarakat yang menggunakan layanan operator Indonesia tertentu.

Simak Nih: Penyebab Ponsel Bisa Meledak, Hati Hati!

Dengan kecepatan internet super cepat dan juga stabil, aktivitas video streaming tentu dapat dilakukan dengan lancar dan tanpa buffering lama. Namun kalian pernah berpikir tidak sih, siapa yang menjadi tercepat saat ini? Penasaran kan? Yuk, langsung saja simak pembahasan lebih lengkapnya berikut.

Operator Indonesia
Copyright©TribunNews

Dari data laporan nPerf, operator Indonesia Smartfren bisa dikatakan menjadi yang tercepat setelah dilakukan uji coba kecepatan sebanyak 319 ribu kali mulai dari awal Januari hingga akhir Juni 2018 kemarin melalui aplikasi nPerf. Namun operator lainnya juga tidak kalah ngebut, karena masing-masing pihak layanan juga memiliki tingkat kecepatan serta keahlian di bidang masing-masing.

Ketahui Yuk: Google, Microsoft, Twitter dan Facebook Punya Proyek Bersama?

Kalau masalah download speed di jaringan 2G/3G/4G memang Smartfren jagonya dengan kecepatan 13.94 Mbps. Kemudian ada Telkomsel dengan kecepatan internet 6.27Mbps, dan disusul oleh BOLT! dengan average speed 5.85Mbps, XL dengan kecepatan rata-rata 5.41Mbps, Indosat Ooredoo 2.82Mbps dan baru layanan Tri dengan rata-rata kecepatan transfer 2.75Mbps.

Namun untuk masalah upload ini Telkomsel juaranya dengan kecepatan lebih dari 4.41Mbps, kemudian baru ada Smartfren dengan 4.21Mbps, lalu XL Axiata dengan kecepatan 3.95Mbps, Tri kecepatan unggah rata-rata 2.83Mbps, Indosat Ooredoo dengan speed rata-rata 2.33Mbps, dan baru ada BOLT! dengan kecepatan upload rata-rata 1.08Mbps.

Kalau masalah ping atau latensi jeda waktu paket data dari server ke penerima paling cepat jelas smartfren dengan waktu 68.98ms, XL 85.53ms, Tri 92.64ms, BOLT! 98.13ms, Telkomsel 101.51ms, dan Indosat Ooredoo 111.94ms.

Sedangkan dalam masalah loading browser ternyata Telkomsel dapat membuka halaman paling cepat, kemudian baru ada Smartfren, Tri, XL, BOLT! dan baru Indosat Ooredoo. Bagaimana, kalian pengguna operator Indonesia yang mana nih?

baca juga: Pakai Ponsel, Cewek Ini Tersambar Petir