Pemilik HP Android Harus Lenyapkan Puluhan Aplikasi Ini, Jika Tidak Bahaya Ini Mengintaimu !

221
Copyright©Suara.com

Daftar Aplikasi Kamera Yang Curi Data Pengguna HP Android !

Eratekno.comJika kamu salah satu pengguna HP Android harus lebih waspada. Bagaimana tidak, spyware baru telah di temukan dalam kode 30 aplikasi kamera Android yang tersedia di Google Play Store. menurut survey oleh para peniliti CyberNews, malware ini dirancang untuk mengumpulkan semua data diponsel.

Dalam hal ini termasuk lokasi, tanpa sepengetahuan pengguna. Di lansir dari laman Gizchina pada Senin, 20 Januari 2020, penelirit cybersecurity dari CyberNews melihat kode dan pengoperasian 30 aplikasi Android untuk meningkatkan selfie di Play Store.

“Aplikasi ini mengumpulkan dan menjual data Anda, menyerbu Anda dengan iklan jahat dan sering mengarahkan Anda ke situs-situs phishing,” tulis CyberNews.

Baca juga : Aplikasi Bawaan di Hp Android ini Bisa Dibajak, Buruan Update Deh!

Copyright©Jawa Pos

Total 30 aplikasi tersebut telah diunduh 1,4miliar pengguna HP Android di seluruh dunia dan dari beberapa aplikasi itu sangat populer karena punya lebih dari 300juta instalasi.

Menurut CyberNews 16 dari 30 aplikasi ini berbasis di Hongkong dan mereka menyoroti nama-nama developers China yang tampaknya terlibat dalam penyebaran Trojan Android yang berbahaya.

Pengembang bernama Meitu terbukti melanggar sebagian aturan besar yang diberlakukan Google dan aplikasinya diam-diam mengumpulkan data pengguna serta bisa mengaktifkan mikrofon atau kamera HP Android tanpa anda tahu. Ada juga Coocent, KX Camera Team dan Dreams Room. Ketiga bergabung dalam grup yang sama.

Inilah daftar aplikasi kamera yang wajib kamu hapus dari HP Android kamu.

Baca juga : Waspada, Meski Dihapus Aplikasi Android Ini Bisa Kuras Isi Rekeningmu Lho !