Pengguna iPhone Hati-hati, Facebook Bisa Akses Kameramu Diam-diam!

0
136
Copyright©makeMac

Ada Bug Yang Membuat Facebook Bisa Akses Kamera iPhone Diam-diam

Eratekno.com – Facebook merupakan sosial media yang memiliki jumlah pengguna sangat banyak diseluruh dunia, dimana aplikasi ini bisa diakses pengguna smartphone berbasis Android maupun iOS di perangkat iPhone.

Namun ada kabar terbaru yang menyebutkan, jika pihak Facebook bisa saja mengakses kamera pengguna iPhone secara diam-diam pada saat pengguna membuka aplikasi tersebut.

Baca juga: Selain Mahal, 2 Kekurangan iPhone 11 Ini Juga Bikin Mikir Dua Kali Sebelum Beli

Kabar ini pertama kali diungkapkan oleh Joshua Maddux melalui akun Twitter miliknya. Ia melaporkan  jika ada aktifitas mencurigakan dari aplikasi Facebook pada perangkat iPhone. Seperti dilaporkan oleh laman The Next Web, jika dalam video yang dibagikan nampak kamera iPhone itu masih bekerja di latar belakang pada saat Maddux membuka aplikasi Facebook.

Copyright©makeMac

Rupanya hal ini terjadi lantaran adanya sebuah bug. Para pengguna iPhone lain mengatakan, jika kamera iPhone mereka aktif dibalik aplikasi Facebook pada saat mereka membuka video maupun foto. Setelah mereka mengklik video dengan layar penuh, lalu mengambalikannya ke mode normal, dari situlah bug tersbeut muncul. Tata letak dari layar Facebook sedikit bergeser ke kanan.

Baca juga: Update iPhone Kalian Sekarang Atau Nggak Bakal Bisa Dipakai Internetan Lagi

Setelah itu, ada sedikit ruang terbuka disebelah kiri, dan pengguna bisa melihat kamera ponsel di iPhone mereka sedang aktif di latar belakang. Menurut Maddux, hal ini terjadi pada 5 perangkat iPhone yang berbasis iOS 13.2.2, dan masalah ini tak terjadi pada iOS 12.2.

“Saya bisa bilang, perangkat iPhone yang menjalankan iOS 12 tidak memperlihatkan kamera aktif di latar belakang, tetapi tidak bisa dipastikan kalau kameranya juga tidak dipakai,” ujar Maddux, dikutip dari laman Liputan6.

Belakangan diketahui, masalah ini bisa terjadi pada saat pengguna memberikan izin kepada Facebook untuk mengakses fitur kamera pada perangkat iPhone mereka.

Baca juga: Facebook Larang Keras Pemain Ikutan Mobile Legends World Championship M1, Kenapa?