Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Tolak Undangan Grup Yang Masuk!

0
79
Copyright©WhatsApp

Kini Pengguna Tak Bisa Sembarangan Masukkan Kontak ke Grup WhatsApp

Eratekno.comWhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan paling populer dan digemari banyak orang, jadi tak heran jika aplikasi ini sering mendapatkan pembaruan dengan membawa sejumlah fitur menarik untuk membuat penggunanya tetap nyaman. Layanan pesan instan ini sendiri juga memungkinkan pengguna bisa membuat grup dan memasukkan kontak lain sebagai anggotanya.

Baca Juga : WhatsApp Perbarui Tampilan Antarmukanya di Platform Android, Seperti Apa?

Namun, sampai sejauh ini banyak pengguna WhatsApp yang nomor-nya sering dimasukkan ke dalam grup percakapan tanpa izin pemilik kontak. Hal ini pastinya akan sangat mengganggu dan melanggar privasi seseorang. Nah, untuk mengatasi hal ini, layanan pesan ini ternyata sedang membuat sistem baru yang memungkinkan pengguna bisa menolak atau menerima undangan grup yang masuk.

Sistem baru dari WhatsApp ini sendiri akan membatasi undangan untuk masuk dalam grup percakapan. Namun untuk fitur ‘Group Invitation’ atau Undangan Grup ini sendiri nantinya akan dihadirkan untuk pengguna WhatsApp bisnis, tetapi setelah itu akan dikembangkan untuk semua pengguna. Fitur ini pun masih dalam tahap uji coba dan sementara waktu baru disebarkan untuk pengguna yang terdaftar dalam program iOS Beta.

Copyright©WABetaInfo

Untuk menggunakan fitur ini sendiri, pengguna bisa mengaktifkan-nya di menu pengaturan privasi pengguna. Dimana pengguna akan menerima tiga opsi yang ditampilkan untuk menentukan siapa saja yang bisa mengundang pemilik nomor untuk bergabung dalam grup.

Copyright©WABetaInfo

Adapun ketiga opsi tersebut meliputi opsi ‘Everyone’, My Contacts dan Nobody. Masing-masing opsi tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda, yakni untuk opsi ‘Everyone’, maka siapa pun akan tetap bisa memasukkan nomor milik pengguna ke grup percakapan meskipun tidak dikenal dan tanpa meminta izin.

Opsi kedua adalah ‘My Contacts’, dimana opsi ini memungkinkan orang-orang yang berada dalam kontak saja yang bisa memasukkan nomor milik pengguna ke dalam sebuah grup tertentu. Dan untuk pengguna lain yang nomor-nya tidak terdaftar dalam kontak, mereka tetap bisa mengundang kalian untuk masuk grup, tetapi akan muncul sebuah notifikasi untuk menentukan kalian berkenan masuk ke dalam grup itu atau tidak.

Dan opsi yang terakhir adalah opsi ‘Nobody’. Opsi ini memungkinkan pengguna untuk menyaring semua undangan grup WhatsApp yang masuk, baik dari orang yang tidak dikenal atau dari nomor di kontak. Dengan opsi ini, maka pengguna bisa memilih grup tertentu yang akan diterimanya. Sementara itu, notifikasi ini akan muncul selama 72 jam untuk menentukan pilihan diterima atau tidak.

Baca Juga : Cara Membuat GIF Dari Video WhatsApp Tanpa Aplikasi!