Penjualan Pasar Smartphone Dunia Mengalami Penurunan di Kuartal II

192
Penjualan Pasar Smartphone Dunia Mengalami Penurunan di Kuartal II
Copyright@cnnindonesia.com

Eratekno.com – Memasuki bulan-bulan akhir tahun, berarti waktunya rangkuman hasil penjualan Smartphone. Dengan kondisi pandemi Covid19, banyak hal yang mengalami dampak buruknya. Hal tersebut juga terjadi pada penjualan smartphone hingga saat ini.

Tercatat pada Kuartal II atau Q2, penjualan smartphone untuk skala dunia mengalami penurunan hingga 20,4 persen. Jumlah tersebut tentunya lebih rendah ketimbang tahun lalu pada kuartal yang sama.

Berdasarkan riset oleh Gartner, jumlah smartphone yang terjual pada seluruh dunia menyentuh angka 295 Juta Unit. Dua produsen yang mengalami penurunan ini adalah Samsung dan juga Xiaomi.

Memang secara peringkat, Samsung masih ada di puncak. Akan tetapi, pada sektor penjualan justru mengalami penurunan tertinggi versi year-on-year. Pada Q2 ini, Samsung sanggup menjual smarphone hingga 54,7 Juta serta menguasai sekitar 18,6 persen dari pasar.

Sementara itu, Huawei mendapatkan peringkat kedua dengan berhasil menjual unitnya hingga 54,1 Juta. Meskipun terlihat menjanjikan, Huawei pun turut mengalami penurunan penjualan sekitar 6,8 persen pada Q2.

Untuk peringkat tiga ada Brand Apple yang berhasil mendapatkan total penjualan hingga 38,3 unit. Meskipun mengalami penurunan juga, akan tetapi persentasenya tidak begitu besar, yakni sekitar 0,4 persen saja.

Xiaomi menempati posisi empat dengan hasil penjualan mencapai 26 juta unit. Setali tiga uang dengan Samsung, Xiaomi mengalami penurunan hingga 21,5 persen.

Terakhir ada Oppo pada peringkat kelima. Oppo berhasil menjual unitnya hingga 23,6 Juta. Meskipun begitu, brand dari China ini juga mengalami penurunan hingga 15,9 persen.

Baca Juga: 3 HP Android Ini Penjualannya Dihentikan, Kenapa Ya?