Perangi Hoak, WhatsApp Hadirkan Fitur Canggih Ini!

0
261
Copyright©ivemint

WhatsApp Bisa Tandai Pesan Hoak Atau Asli

Eratekno.com – Seperti yang kita ketahui, jika di India aplikasi pesan intant WhatsApp memang dijadikan salah satu media untuk menyebarkan berita Bohong (Hoax) yang cukup meresahkan, bahkan masalah ini sempat menimbulkan korban juga.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, WhatsApp dikabarkan baru saja meluncurkan sebuah teknologi baru yang mampu melacak pengecekan fakta bagi pengguna di negara Bollywood tersebut.

Baca juga: Begini Cara Aktifkan Sensor Fingerprint Untuk WhatsApp?

Layanan ini dihadirkan oleh pihak WhatsApp dimaksudkan untuk melawan berbagai informasi palsu yang sering menyebar melalui platform milik Facebook tersebut, terlebih ini mendekati pemilihan umum di negara India.

Copyright©ivemint

Dilaporkan oleh laman inet.Detik, jika pihak WhatsApp telah bekerjasama denan startup lokal bernama Proto dalam usahanya memerangi berita hoax tersebut. Nantinya, pesan yang bisa mendapatkan label asli / hoax ialah yang diteruskan terlebih dahulu oleh pengguna pada ‘Checkpoint Tipline’.

Baca juga: Cocok Buat Upgrade, 3 Smartphone Android Vivo Ini Dapat Potongan Harga!

Nantinya pesan WhatsApp ini bakal digunakan untuk menjadi database, selenjutnya bakal dipelajari dan dipahami bagaimana disinformasi ini bisa menyebar. Yang menarik, tidak hanya pesan teks saja yang akan dicek faktanya, namun juga pesan berbentuk video maupun gambar di WhatsApp.

Layanan terbaru WhatsApp ini juga mendukung bahasa inggris serta empat bahasa lokal, yakni bahasa Telugu, Hindu, Bengali, dan Malayalam. Namun pada saat Reuters mencoba laporkan pesan yang mengandung disinformasi pada Chechkpoint Tipline, respons dari WhatsApp masih cukup lambat.

Setelah 2 jam pengirim pesan, mereka diharuskan mennunggu klasifikasi dari pihak WhatsApp dulu nantinya. Meskipun begitu, upaya dari pihak WhatsApp memerangi berita palsu di negara tersebut layak diapresiasi, semoga nantinya penyebaran berita semacam itu bisa berkurang atau bahkan lenyap.

Baca juga: Belum Tahu? Begini Cara Mengubah Tanggal Yang Kadaluarsa di WhatsApp!