Perkembangan Teknologi Kamera di Ponsel, Seperti Apa ?

0
259
kamera
copyright©techno

Evolusi Teknologi Kamera di Ponsel, Mulai dari 1MP hingga Sekelas DSLR !

Eratekno.com – Seiring dengan semakin canggihnya perkembangan teknologi jaman sekarang, kamera sebagai salah satu faktor pilihan bagi pengguna saat akan membeli sebuah smartphone. Sebab kamera pada smartphone merupakan fitur sangat penting bagi konsumen.

Namun salah satu faktor yang merupakan penyebabnya adalah gaya hidup pengguna saat ini, dimana sekarang banyak sekali pengguna yang gemar mengambil foto serta video untuk diposting ke media sosial milik mereka.

Baca Juga : Kekinian, Asus Zenfone 5Q Sematkan Empat Buah Kamera !

Oleh sebab itu, wajar jika produsen smartphone gencar berlomba untuk mengembangkan perangkat dengan memiliki teknologi kamera yang canggih di pasaran yang dibekali dengan fitur serta ukuran resolusi yang terbaik. Sedangkan, dulu ponsel yang digunakan sebagai alat untuk komuniasi via telepon serta kirim pesan (SMS) saja.

[email protected]

Tetapi kini, smartphone merupakan kebutuhan primer dengan adanya kamera sebagai fitur yang paling diminati konsumen. Tercatat sejak tahun 2000 sampai dengan 2018, dimana resolusi kamera pada ponsel yang mengalami perkembangan pesat, mulai dari 0,1 megapiksel (MP), 2 MP, 3 MP, 5 MP hingga 41MP.

Adanya perkembangan fitur ponsel ini yang tidak Cuma terjadi dikamera belakang saja, teatpi juga pada kamera depan. Sebab fenomena selfie yang turut membuat kebutuhan kamera depan yang memiliki kualitas semakin tinggi di masyarakat. Lantas seperti apa perkembangan teknologi kamera di ponsel dari dulu sampai dengan sekarang ?

Ponsel Kamera pertama Beresolusi 0,11MP

Ditahun 2000, ponsel yang mengusung kamera dengan resolusi 0,11MP. Tetapi ada kamera lain yang bersolusi 0,35MP yang juga muncul dipasaran pada waktu hampir bersamaan. Tetapi kamera ponsel itu hanya setengah terintegrasi.

Baca Juga : Honor 9 Lite, Smartphone Empat Kamera yang Siap Mendarat di Indonesia

Berkembang dengan Kamera 1,3MP

Juli 2004, vendor AS yang meluncurkan ponsek kamera beresolusi 1,3MP. Yang memiliki tombol kamera khusus serta beragam pengaturan yang cukup lengkap kala itu, seperti multi-shot sampai dengan delapan foto sekaligus berturut-turut.

Ponsel Dengan Desain Seperti Camcorder

Ponsel kamera berukuran 2MP mulai bermunculan, dengan kemampuan zoom digital 20x, blitz serta makro, ponsel ini sebagai perangkat pertama yang mengusung lensa Carl Zeiss. Ponsel ini menggunakan desain lipat dan putar, dimana memiliki engsel yang dapat diputar sampai 90 derajat.

Kamera resolusi 5MP Mulai Populer

Mulai tahun 2006, kamer resolusi 5MP sebagai ukuran paling banyak disematkan oleh vendor ponsel. Ponsel itu yang memiliki kemampuan merekam video dengan kecepatan 30 frame per detik. Sehingga kamera ini menjadi standar ponsel kelas atas selama beberapa tahun.

Baca Juga : Google Lens, Kamera Pintar Segera Meluncur Perangkat Android !