Populer di Negara Lain, Ternyata Hanya Sebatas Ini Kemampuan Xiaomi di China

0
1410
Copyright©Dailyhunt

Huawei Masih Menjadi Juara Bertahan di China

Eratekno.com – Banyak kalangan yang mengatakan bahwa China menjadi pasar Smartphone terbesar pertama di Dunia. Dengan begitu sudah menjadi hal wajar kalau banyak produsen yang memilih untuk memasarkan berbagai produk terbarunya di wilayah ini.

Selain itu, di China sendiri juga terdapat berbagai perusahaan Smartphone yang tidak kalah kerennya dengan brand luar, beberapa diantaranya yakni seperti Xiaomi, OPPO, Huawei, Honor, Vivo, dan beberapa brand lainnya.

Simak Nih: Xiaomi Mi MAX 3 Pro Resmi Tidak Akan Pernah Ada, Berikut Pengumumannya!

Nah, untuk perusahaan Xiaomi ini berhasil menjadi fokus perhatian lebih besar dibanding lainnya lantaran di akhir tahun 2017 hingga awal tahun 2018 berhasil mengalahkan Samsung di India sebagai predikat pertama brand paling laris di wilayah tersebut. Namun, bagaimana peran Xiaomi di Negara kelahirannya sendiri?

Mi Store
Copyright©Xiaomi Indonesia

Dari laporan terbaru biro riset Canalys ternyata pasa China yang ketat tersebut telah berhasil dikuasai oleh Huawei. Hal ini tidak lain dikarenakan perusahaan Honor yang dibiarkan lepas untuk menjual Smartphone buatannya sendiri, namun masih berada dibawah penguasaan Huawei. Sedangkan Xiaomi masih belum kunjung membaik.

Berkat pemecahan tersebut, Huawei dan Honor berhasil menguasai 27% pasar selama Q2 2018. Dengan begitu brand ini menjadi juara bertahan sejak 2011 dan di tahun ini mengalami kenaikan market Share sebesar 21%. Kemudian di posisi kedua ada OPPO dengan perolehan penguasaan pasar China selama Q2 2018 dengan presentase 21% dimana hasil ini telah mengalami kenaikan 3% dari sebelumnya.

Ketahui Yuk: Xiaomi Mi A2 Dipastikan Bakal Meluncur ke Indonesia

Kemudian ada Vivo yang melonjak sebesar 30% dan mendapatkan penguasaan pasar China sebesar 20%. Dan di posisi keempat baru ada Xiaomi yang sama sekali tidak mengalami kenaikan maupun penurunan dan hanya mendapatkan penguasaan pasar 14% selama 3 bulan terakhir ini. Dan di posisi berikutnya ada Apple yang tidak disebutkan secara detail, lalu disusul oleh brand lainnya.

Pemasaran Xiaomi Canalys
Copyright©Canalys

Mengenai peristiwa ini, Mo Jia selaku analis Canalys telah mengungkapkan kalau “Honor telah berekspansi dengan sukses di segmen di atas USD 500 dan terus mengikis pangsa pasar kompetitornya di segmen low, misalnya Xiaomi.” Meski lesu di Negaranya sendiri, namun Xiaomi masih bisa dijagokan di pasar Internasional sehingga popularitasnya juga bisa terus mengalami peningkatan. Kita tunggu saja laporan berikutnya.

baca juga: Sempat Dipegang Xiaomi, Kini Samsung Kembali Ke Posisi Puncak di Wilayah Ini