Pria Ini Masuk Penjara Lantaran Menjadi Admin Grup WhatsApp, Begini Ceritanya!

0
2098
Admin WhatsApp
Copyright©YouTube

Mahasiswa Ini Tiba-tiba Menjadi Admin Grup WhatsApp dan Langsung di Ciduk Kepolisian

Eratekno.comWhatsApp kini memang sudah sangat populer sekali di semua kalangan pengguna Smartphone, hal ini tida lain dikarenakan banyaknya manfaat baik yang bisa kita dapatkan dari aplikasi perpesanan tersebut. Namun karena ada hubungannya dengan orang banyak, maka kita juga harus berhati-hati dan bijak dalam menggunakannya.

Seperti halnya mahasiswa di India yang bernama Junaid Khan ini, Ia kini menjalani masa tahanan selama 5 bulan lantaran hanya sebuah pesan WhatsApp yang disebutkan tidak merasa pernah mengirimkannya.

Simak Nih: WhatsApp Umumkan Aturan Baru Usai Kasus Pembunuhan

Dari informasi yang dilansir dari BBC, pria 21 tahun ini telah dituduh telah melakukan penghasutan karena konten yang tidak menyenangkan. Hingga sekarang masih belum ada kejelasan lebih lanjut mengenai pesan seperti apa yang dimaksudkan sebagai pesan ofensif kali ini.

Mendekam di Penjara
Ilustrasi: UU ITE menjerat banyak aktivis Copyright©Liputan6

Ketika keluhan tersebut diajukan kepada pihak berwajib, kepolisian setempat menuding kalau Khan telah menjadi admin group WhatsApp. Dalam keterangan yang disampaikan ole pihak keluarganya, ketika admin asli WhatsApp meninggalkan group, secara otomatis Khan menjadi penggantinya sebagai admin.

Ketahui Yuk: Cara Akses WhatsApp Orang Lain di Android

Perlu diketahui bahwa Mahasiswa yang berasal dari kota Talen ini telah menjalani masa tahanan sejak 14 Februari 2018 silam. Dalam keterangan media lokal, tuduhan tersebut berasal dari pesan yang telah diteruskannya dalam group. Kemudian Khan dituding telah melakukan penghasutan.

Meski Khan sudah menghabiskan waktu 5 bulan mendekam dibalik jeruji besi, saat ini juga masih belum ada kejelasan mengenai pesan yang dimaksud ini. The Times of India telah memberikan keterangan kalau pihak polisi melakukan penangkapan terhadap Khan karena Ia menjadi admin Group ketika masalah ini tengah diselidiki. Dan pada saat itu kedua admin asli sama-sama meninggalkan grup yang mana saat ini juga tengah ditangkap oleh pihak kepolisian.

Inspektur Kepolisian bernama Rajgard juga telah mengatakan kalau pihaknya sedang memverifikasi apakah ada orang lain yang menjadi admin dari group whatsapp tersebut. Badan Regulasi Indian Penal Code (IPC) dan ITC Act telah menjelaskan kalau admin grup media sosial dan aplikasi pesan lainnya bisa saja ditangkap jika terdeteksi menghina agama atau politik.

Untuk itulah, Anda tetap harus hati-hati dan bijak menggunakan media sosial yang ada. Jangan sampai salah digunakan sehingga akan berdampak buruk terhadap diri Anda sendiri.

baca juga: Makin Lucu, Whatsapp Bakal Dibekali Fitur Sticker Lho!