Privasi Bisa Terancam! Berikut 4 Dampak Buruk Dari Root Smartphone Android!

0
224
Copyright©DroidPoin

4 Dampak Buruk Root Smartphone Android

Eratekno.com – Seperti yang diketahui, bahwa setiap Smartphone Android yang diluncurkan selalu membawa sejumlah fitur menarik yang memudahkan pengguna dalam menggunakannya. Meskipun begitu, masih ada beberapa pengguna yang merasa bahwa fitur-fitur yang dihadirkan kurang lengkap, jadi tak heran diantara mereka memilih melakukan root pada perangkatnya untuk mendapatkan akses penuh sebagai administrator.

Baca Juga : Tips Ampuh Hemat Penyimpanan Internal Smartphone Android, Simak Yuk!

Dengan melakukan root ini, pengguna bisa mengubah atau mengganti sistem dan pengaturan aplikasi dengan mudah. Namun, sebagian dari mereka mungkin belum mengetahui bahwa dengan melakukan rooting ini juga bisa membahayakan perangkat, dan bahkan bisa menghilangkan sistem keamanan yang ada. Untuk lebih jelasnya, berikut ini 4 dampak buruk dari root Smartphone Android.

4 Dampak Buruk Root Smartphone Android

Resiko Keamanan dan Privasi

Copyright©Mi Community

Dengan akses root, maka kalian bisa mengontrol penuh sistem Android dan bisa membaca serta memodifikasi semua parameter perangkat kalian, namun sistem dari perangkat kalian justru tidak bisa mencegah aplikasi jahat masuk, sehingga bisa merusak atau bisa saja menghapus informasi pribadi kalian, dan bahkan bisa merusak perangkat kalian.

Masalah Dengan Pembaruan

Kemudian, kalian juga akan menerima masalah lain yang muncul ketika melakukan root perangkat, dimana kalian akan mulai mendapatkan pembaruan secara otomatis pada firmware berhenti dijalankan oleh perangkat kalian. Dimana kalian hanya bisa memperbarui firmware secara manual dan melakukan flash ke perangkat, yang prosesnya terbilang rumit.

Hilangnya Garansi

Copyright©Jurnal Ponsel

Bukan hanya memberikan resiko keamanan dan privasi saja, dengan melakukan root ini juga memungkinkan perangkat kehilangan garansi resmi. Karena saat HP kalian rusak akibat akses root, maka pihak developer atau produsen tidak mau memperbaiki.

Tidak Semua Perangkat Dibuat Sama

Kemudian, prosedur untuk melakukan root ini sendiri bervariasi dari produsen ke produsen lainnya, dan bahkan satu perangkat ke perangkat lain. Tidak ada metode resmi untuk melakukan root perangkat kalian. Jadi sebaiknya kalian tidak melakukan akses root tanpa tujuan tertentu daripada salah dengan prosedur.

Nah, itulah beberapa dampak buruk melakukan akses root pada Smartphone Android yang perlu kalian ketahui. Jadi, jika kalian juga belum benar-benar faham atau tak memiliki tujuan penting dengan akses tersebut sebaiknya jangan lakukan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Main Game Jadi Lancar Jaya! Begini Cara Aktifkan Mode Gaming di Smartphone Android!