Puluhan Aplikasi Android di Play Store Mengandung Adware, Cek Punyamu?

722
Copyright©Androidheadlines

40  Aplikasi Android di Play Store Terinveksi Adware

Eratekno.com – Seorang peneliti Cyber Security ESET beberapa waktu telah berhasil menjaring banyak sekali Aplikasi Android yang mengandung adware melalui toko aplikasi resmi Google Play Store. Dan bahkan beberapa diantaranya bisa dikatakan sangat laris diunduh oleh pengguna smartphone android.

Lebih dari 8 juta kali unduhan yang dihasilkan dari 40 aplikasi android adware yang ditemukan oleh ESET beberapa waktu lalu. Lalu seperti apakah Aplikasi Android adware yang dimaksud oleh ESET ini?

Baca juga: Bosan Jadi Jomblo? Aplikasi Pencari Jodoh ini Layak Kamu Coba!

Tujuan utama dari aplikasi adalah untuk membawa iklan masuk kedalam smartphone pengguna untuk menghasilkan lebih banyak uang dari iklan. Pada dasarnya, virus jenis ini adalah sebuah program iklan yang fungsinya memberikan keuntungan untuk satu pihak.

Copyright©Androidheadlines

Namun belakangan ini, seringkali Adware diartikan sebagai penyedia maupun sumber utama dari malware atau aplikasi berbahaya, layaknya virus maupun spyware. Pada umumnya, Adware yang tertanam dalam Aplikasi Android tersebut biasanya mengganggu korban dengan menampilkan berbagai iklan didalam perangkatnya.

Baca juga: Buruan Sikat, Beli Hp Android Samsung Dapat Potongan Hingga Rp 5.5 Juta!

Ironisnya, banyak orang yang tidak menyadari jika mereka telah menginstall Aplikasi Android yang mengandung adware tanpa sepengetahuan mereka. Setelah peneliti dari ESET menemukan Adware semacam itu, mereka pun terus melakukan pencarian yang berfoksu pada Play Store.

Mereka menyebutkan, jika pengembang Aplikasi Android yang pandai, mereka bisa menyembunyikan Adware itu kedalam sebuah aplikasi dengan sangat rapi, sehingga cukup sulit untuk membongkar kedoknya tersebut.

ESET pun akhirnya merilis lebih dari 40 Aplikasi Android yang mengandung Adware didalamnya terdapat dalam Play Store. Mereka tercakup dalam beberapa kategori, diantaranya:

  • Free Video Downloader
  • MP4 Video Downloader
  • Ringtone Maker 2019
  • Smart Gallery
  • SaveInsta
  • Video Downloader Master
  • Water Drink Reminder

Baca juga: Bahaya, Musnahkan 15 Aplikasi Android Sekarang Juga di Smartphone Kalian!