Puluhan Game di Play Store Terindikasi Hadirkan Konten Terlarang, Apa Saja?

0
292
Copyright©Jalan Tikus

52 Aplikasi di Play Store Terindikasi Hadirkan Konten Mengerikan Untuk Anak

Eratekno.com – Setelah sebelumnya mendatangi Youtube, kini perusahaan Google mengalami masalah dengan konten berorientasi anak di toko aplikasi miliknya yakni Google Play Store saat ini.

Wired, sebuah media asal Amerika Serikat dikabarkan telah menemukan lusinan aplikasi android didalam Play Store yang sebelumnya dinilai Google sudah aman bagi anak-anak, namun ternyata didalamnya masih menampilkan konten mengerikan.

Baca juga: Tanpa Aplikasi! Inilah 2 Cara Download Lagu di Youtube Dengan Mudah!

Seperti dalam game Mad Max Zombies yang mendapatkan peringkat PEGI 3, namun game ini memungkinkan anak-anak untuk menembak para zombie dengan banyak darah. Sementara untuk game Baby Panda Dental memberikan sebuah cara anak-anak menarik dengan cara yang cukup sadis.

Copyright©Jalan Tikus

Ada juga aplikasi di Play Store yang menerapkan pembayaran untuk bermain, dimana mengharuskan pengguna bisa melacak lokasi dan izin perangkat yang bisa dipertanyakan nantinya.

Baca juga: Cara Mudah Atasi Masalah Aplikasi Tidak Terpasang di Semua Smartphone Android!

Nah dari 52 judul game/aplikasi yang disampaikan oleh Wired pada Google, 16 diantaranya sekarang sudah dihapus langsung atau dirilis ulang dengan peringkat dan izin yang lebih sesuai oleh Play Store.

Dan saat ini, game Mad Max Xombies sekarang menjadi PEGI 12-rated seperti Mad War Zombies dari Play Store. Akan tetapi belum dijelaskan berapa banyak judul lain yang tidak dirubah, dan beberapa aplikasi pelanggar tersebut memiliki jumlah download hingga 100.000 kali.

Sebelum diterbitkan di Play Store, materi aplikasi pun harus disaring terlebih dahulu oleh Google guna menentukan peringkat dari konten tersebut. Meskipun diketahui telah menerapkan kuisioner yang digunakan eShop Nintendo dan Microsoft Store di Xbox, rupanya Play Store tidak benar-benar menyaring game seperti yang dilakukan oleh perusahaan lain.

Baca juga: Seru! Ini 5 Game dan Aplikasi Android Baru di Google Play Store Yang Perlu Kamu Coba