Qualcomm Umumkan Smartphone yang Mendukung Pengisian Daya Super Cepat Quick Charge 4.0+

0
329
qualcomm
[email protected]

Lama Dinanti, Qualcomm Terbitkan Daftar Smartphone yang Mendukung Qualcomm Quick Charge 4.0+

Eratekmo.com – Saat ini sebagian besar smartphone duproduksi denga dukungan fitur pengisian daya super cepat atau Fast Charging. Namun fitur ini tentunya hadir dengan standart masing-masing.

Meski ada langkah untuk mengembangkan standart terpadu untuk pengisian daya super cepat di perangkat smartphone, namun hal itu tentu akan memakan waktu yang lama untuk bisa terwujud. Lau siapa atau pihak mana yang nantinya akan mempromosikan dan mewujudkan gagasan itu?

Baca juga : Qualcomm Kenalkan Snapdragon 700, Chipset Menengah dengan Cita Rasa Flagship

Dua tahun lalu atau tepatnya bulan November 2016, Qualcomm berhasil merilis teknologi pengisian cepat QC4.0. teknologi ini memadukan pengisian pararel ganda sehingga akan meningkatkan kecepatan pengisian sebesar 20 persen dan efesiensi pengisian daya sebesar 30 persen. Teknologi pengisian daya super cepat itu diklaim mampu mengisi 50 persen daya baterai hanya dalam waktu 15 menit atau bahkan lebih cepat lagi.

Proses pengisian daya sendiri mendukung keneksi USB Tyoe-C, USB BD, Best Voltage, Current and Temperature Measurements. Selain itu teknologi pengisian daya QC4.0 tersebut juga dibekali dengan charger, jalur data dan perlindungan sistem.

qualcomm
[email protected] community

Kemuidan selanjutnya pada tahun 2017 tepatnya bulan Juni, Qualcomm kembali meluncurkan fitur QC4.0+ terbaru. Pada Qualcomm Quick Charge 4.0+ ini menghadirkan sejumlah perbaikan. Berbagai perbaikan itu diantaranya IC manajemen daya ganda, keseimbanga termal yang cerdas, serta fitur keamanan yang lebih ditingkatkan.

Sedangkan untuk prosesor Snapdragon 835 sendiri akan mengintregrsikan sepenuhnya fitur QC4.0+. Setelah menunggu cukup lama, Qualcomm akhirnya merilis daftar perangkat yang akan didukung dengan fitur pengisian daya super cepat QC4.0 atau QC4.0+ melalui laman resminya.

Baca juga : Tak Mau Bersantai, Qualcomm Bakal Kembangkan Snapdragon 855 dengan Frekuensi 7nm

Namun sejak kemunculannya beberapa hari yang lalu, daftar tersebut sampai saat ini hanya mencantukan ‘Razer Phone’ sebagai perangkat yang mendukung fitur pengisian daya tersebut. Sedangkan sub-brand ZTE, Nubia secara terbuka menyebutkan jika Nubia N17 akan menjadi perangkat pertama dengan pengisian daya super cepat QC4.0+, namun  nyatanya perangkat tersebut justru tidak masuk dalam daftar yang dikeluarkan Qualcomm.

Bukan hanya Nubia N17 saja, LG G7 yang sebelumnya dikabarkan akan mendukung teknologi pengisian daya super cepat ini juga tak dicantumkan dalam daftar yang sama. Dalam daftar yang dicantukan, Qualcomm menyebut 14 perangkat yang mendukung pengisian daya super cepat QC3.0 dan sebanyak 6 perangkat mendukung fitur QC2.0s.

Baca juga : Snapdragon X24, Chip Modem LTE Berkecepatan 2 Gbps yang Bakal Segera Dikenalkan Qualcomm