Rahasia Jack Ma Sukses Kembangkan Perusahaan Alibaba

0
846
Jack Ma
Jack Ma, CEO Alibaba Copyright©Divertone

Jack Ma Dijuluki Sebagai Koboi Amerika Lantaran Keberaniannya

Eratekno.com – Jika membahas mengenai nama-nama orang paling sukses di Dunia, tentunya sebagian besar tidak terlepas dalam dunia Teknologi. Contohnya saja seperti Pendiri Microsoft (Bill Gates), Pendiri Amazon (Jeff Bezoz), Pendiri Facebook (Mark Zuckerberg), dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun kali ini kali ini kita akan membahas mengenai salah satu sosok pemimpin yang telah sukses membesarkan perusahaan Alibaba dengan sistem cukup unik. Ya, siapa lagi kalau bukan Jack Ma. Ia menjadi orang yang seperti ini tentunya tidak lepas dari sifat keberanian dan kerja keras yang dilakukannya selama ini.

Simak Nih: Bersiap Hadapi Asian Games, Kecepatan WiFi GBK Setara dengan 2 Stadion Megah Ini

Banyak kalangan yang mengatakan kalau Jack Ma merupakan sosok yang berhasil memadukan nilai Amerika Serikat dan China. Bahkan, Chairman bank UBS di China bernama David Li kemarin lalu pernah mengatakan kalau Ma mirip sekali dengan koboi Amerika. Kenapa Ia bisa disebut dengan begitu ya?

David Li, chairman and country head, UBS China, speaks at the Wharton Global Alumni Forum in Beijing, China; Copyright©Financial Times

Ternyata Jack Ma dikenal memiliki keberanian yang tinggi dan beriringan dengan visi dan passion untuk memulai bisnisnya. Dan disisi lain, Ia juga merupakan orang China yang sangat kental terhadap budaya Tradisionalnya. Dan dia menjalankan bisnisnya dengan menggunakan prinsip berakar dari budaya konfusianisme.

Ketahui Yuk: Ini Dia Duo Smartphone Andalan Samsung yang Bikin Xiaomi Teler Lagi

Perlu diketahui bahwa Jack Ma merupakan sosok yang sangat menggemari Dunia Bela Diri Taichi khas China yang menggunakan perpaduan antara gerakan lambat dan meditasi. Bahkan, Ia juga telah mendirikan sekolah Kung Fu Taichi beberapa tahun lalu dengan mengangkat Jet Li sebagai guru utamanya.

“Sama seperti manusia, jika perusahaan ingin hidup lama dan baik, maka perlu melakukan Taichi dan bergerak lambat,” seperti itulah ungkap Jack Ma mengenai rahasia menjalankan dan mengembangkan perusahaan Alibaba.

“Sebenarnya aku hampir secara total mengikuti prinsip Taichi dalam menjalankan perusahaan. Orang harus tenang, slow down dan menyadari bahwa terkadang lambat itu berarti cepat.” Ungkapan tambahannya yang dapat dijadikan motivasi bagi para pebisnis.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa selama ini Alibaba juga tidak begitu banyak diperbincangkan, namun kesuksesannya luar biasa. Bahkan kini Jack Ma menjadi salah satu orang terkaya di Dunia sebagaimana yang dikutip dari data Forbes dengan total kekayaan US$ 40.5 Miliar.

baca juga: Resmi Putus dengan Apple, Begini Tanggapan Petinggi Qualcomm