Ratusan Aplikasi Android Terinfeksi Virus di Tarik Dari Play Store, Apa Saja?

0
527
Copyright©CNN Indonesia

210 Aplikasi Android Dihapus Dari Play Store

Eratekno.com – Seperti yang kita ketahui, jika Google selalu memeriksa dulu sejumlah aplikasi android yang akan masuk didalam Play Store. Hal ini mereka lakukan untuk upaya mencegah masuknya aplikasi yang mengandung malware didalam toko aplikasi miliknya nanti.

Namun secanggih apapun teknologi yang dimiliki oleh Google, masih ada sejumlah aplikasi android yang mengandung malware bisa lolos. Seperti yang baru-baru ini santer diberitakan di dunia maya.

Baca juga: 5 Aplikasi Android Ampuh Untuk Bersihkan Sampah dan RAM Smartphone!

Setidaknya ada sekitar 210 Aplikasi Android yang ditarik oleh Google dari Play Store setelah peneliti Check Point menemukan jika aplikasi tersebut terinfeksi oleh sejumlah malwar yang berbahaya bagi pengguna.

Copyright©CNN Indonesia

Malware tersebut disebut sebagai ‘SimBad’ berdasaran banyaknya game simulator yang telah terinfeksi, kode ini bersembunyi pada platform penayangan iklan palsu, dan bakal menciptakan sebuah pintu belakang yang bisa memasang Aplikasi Android berbahaya nantinya, dimana para pengguna diarahkan untuk menipu sebuah situs web.

Baca juga: Daftar Aplikasi Android Pemblokir Iklan Terbaik 2019!

Pihak Check point yakin, jika para pengembang Aplikasi Android telah ditipu dengan menggunakan platform tersebut. Dan yang paling disayangkan, Aplikasi ini sudah diunduh dengan jumlah yang sangat oleh para pengguna.

Aplikasi ini setidaknya telah diunduh hampir 150 juta kali, dan beberapa Aplikasi Android diantaranya telah diunduh lebih dari 1 juta kali unduhan. Yang paling besar adalah Snow Heavy Excvator Simulator, dimana aplikasi ini telah di unduh lebih dari 10 juta kali.

SimBad ini kemungkinan bakal cukup sulit dihentikan dibandingkan malware lain yang sudah banyak beredar, pasalnya aplikasi tersebut telah menyatu dengan Aplikasi Android yang sah dan berfokus pada penayangan iklan bertentangan dengan pencurian data.

Baca juga: Tanpa Root! Ini Cara Mudah Sembunyikan Aplikasi di Smartphone Android!