Resmi Bergulir Melalui Developer Preview, Ini Nih Fitur Terbaru Android P

0
234
Android-P
[email protected]

Android P Developer Resmi Digulirkan, Fitur Baru Apa Saja yang Hadir?

Eratekno.com – Sebelumnya jadwal perilisan Android P dibocorkan oleh Evan Blass melalui akunnya. Ternyata bocoran tersebut benar terbukti dan Google resmi menggulirkan sistem operasi barunya ini melalui developer preview beberapa waktu lalu.

Sesuai dengan namanya, Android versi terbaru ini akan lebih fokus pada perubahan pada sistem yang dapat berhubungan langsung dengan pengembang. Mengenai hal ini juga diungkapan oleh VP Engieering Google, Dave Burke. Dia menuturkan jika versi ini merupakan tahap awal yang hanya ditujukan untuk pengembang.

Baca juga :  Makin Canggih, Benarkah Android P Bisa Ubah Ponsel Jadi Mouse dan Keyboard?

Namun meskipun begitu, pada tahap awal ini juga ada beberapa perubahan yang mungkin saja akan hadir ketika final perilisan. Nampaknya salah satu yang cukup menarik yakni perubahan tampilan jam yang digeser ke kiri layar. Cukup diketahui jika tampilan jam sebelumnya berada di sisi kanan atas layar.

Dilakukan perubahan pada tampilan Android P ini dimaksudkan guna mengikuti model smartphone Android yang saat ini kebayakan memiliki notch mirip dengan iPhone X. Dengan begitu, dipastikan natinya penanda jam bersama notifikasi akan diletakkan di bagian sisi kiri layar. Tak hanya perubahan tampilan jam saja, namun terdapat sejumlah perubahan lainya.

copyright©istockphoto

Salah satu perubahan yang juga menyita perhatian yakni menu Setting. Nampak kali ini menu Setting dihadirkan lebih berwarna dan berbeda dari sebelumnya yang didominasi dengan warna abu-abu. Kini ikon pengaturan tersebut tak menampilan warna monoton saja, melainkan didominasi dengan warna-warna cerah.

Kemudian selain warna cerah, menu Quick Setting juga nampak lebih hidup. Dikatakan demikian karena ikon pegaturan untuk WiFi ataupun Bluetooth akan dibalut dengan warna biru ketika aktif. Kemudian ikon tersebut akan berwarna abu-abu ketika tidak menyala. Sedangkan batas atas Quick Setting ini juga menghadirkan tampilan dengan aksen lebih membulat.

Baca juga :  Android P Developer Preview Resmi Rilis Pertengahan Maret 2018 !

Sementara itu Dock Android P pada bagian yang berisikan daftar aplikasi favorit dan Google Search ddibalut dengan latar belakag buram. Dengan demikian akan pengguna lebih mudah membedakan dari tampilan keseluruhan layar dibagian depan.

Tak hanya itu, pada Google Search sendiri ditampilkan pula tombol microfon guna langsung mengakses pencarian berbasis suara. Tambahan lainnya muncul di versi pengembang yakni sebelumnya hanya menampilkan tombol restart atau power off kini tombol Power menyediakan opsi screnshot. Posisi tampilan volume di layar pun juga berubah, kini tampilan pengaturan suara hadir di sisi kanan layar dari sebelumnya berada di atas.

Ada pula perubahan tampilan font di sejumlah tempat da kini Google menggunakan font bernama Product Sans yang biasanya digunakan dalam tampilan iklan Google Pixel. Dari bocoran terbaru, Android P dikatakan menyulap perangkat jadi keyboard bluetooth karena sistem ini akan mendukung layanan profil Bluetooth HD. Dengan hadirnya layanan ini akan memungkinkan perangkat untuk difungsikan sebagai keyboard QWERTY atau mouse berbasis bluetooth.

Bca juga : Google Siap Rilis Android P Pertengahan Bulan Ini, Berikut Bocoran Fitur Canggihnya