Ribuan Aplikasi Android Berbahaya Tersebar di Play Store, 2 Diantaranya Populer!

0
6583
Copyright┬ęTribunnews

2000 Aplikasi Android Berbahaya di Play Store Sudah Di Tendang Google

Eratekno.com – Ada kabar mengejutkan baru-baru ini, dimana sebuah studi yang dilakukan University of Sydney dan Data 61 of CSIRO yang melakukan penelitian selama 2 tahun telah menjaring 2.040 Aplikasi Android berbahaya ada di Play Store.

Yang lebih ironis, dimana beberapa Aplikasi Android berbahaya yang telah berhasil mereka temukan cukup familiar dan sudah banyak sekalil didownload oleh pengguna smartphone berbasis Android tersebut.

Baca juga: Tanpa Kursus, 3 Aplikasi Android Ini Bisa Bikin Kamu Jago Bahasa Asing!

Dalam 2 tahun melakukan study tersebut, mereka memantau 1 juta Aplikasi Android yang ada didalam Play Store, dan mereka juga menemukan cukup banyak aplikasi palsu didalam toko aplikasi tersebut.

Copyright┬ęTribunnews

Meskipun aplikasi ini tidak mengandung malware didalamnya, namun sederet Aplikasi Android tersebut telah meminta izin akses data pribadi pengguna yang sebenarnya tidak ada kaitan dengan bisnis mereka. kedua aplikasi yang sangat populer yakni Temple Run dan Hill Climb Racing contohnya.

Baca juga: Daftar Aplikasi Android Penguat WiFi Gratis Terbaik 2019!

Nah untuk menjaring sejumlah Aplikasi Android nakal tersebut, para peneliti ini menggunakan jaringan neural dan Machine Learning dengan pengaturan tertentu. Algoritma yang mereka gunakan telah berhasil menemukan 49.608 aplikasi yang menyimpan potensi ancaman kepada pengguna.

Selanjutnya mereka juga menggunakan VirusTotal dan menandi adanya 7.246 Aplikasi Android yang berpotensi membahayakan bagi pengguna. Dan pada saat dirinci lagi, akhirnya mereka menemukan 2.040 aplikasi berbahaya didalam Play store yang merupakan aplikasi palsu dan beresiko tinggi.

Dan kabar baiknya, seperti yang dilaporkan oleh laman GSM Arena, jika mereka telah melaporkannya ke Google selaku pemilik Play Store, dan mereka pun langsung menendang aplikasi android yang dinilai berbahaya tersebut.

Baca juga: 5 Aplikasi Ini Bisa Bikin WhatsApp Kamu Jadi Transparan, Mau Coba?