Saling Mengalahkan, Perang Emoji di Industri Smartphone Sudah Dimulai

0
1009
emoji
[email protected]

Waduh, Emoji Ternyata Jadi Salah Satu Penyebab Perang di Industri Smartphone

Eratekno.com – Saat ini emoji bukan hanya dianggap sebagai simbol, melainkan sudah menjadi ajang memamerkan teknologi. Hal itu ditengarai dengan hadirnya augmented rality (AR) dan para pembuat smartphone yang menggabungkan teknologi AR dengan emoji.

Salah satu vendor smartphone yang menjadi inovator dalam hal emoji AR yakni Apple. Nampak perusahaan samrtphone asal Amerika Serikat (AS) ini menghadirkan Animoji di perangkat iPhone X pada tahun 2017 lalu. Animoji sendiri merupakan satu fitur andalan dari iPhone X.

Baca juga :  Emoji “Jari Tengah” WhatsApp Dilarang di India! Kok Bisa ?

Dengan menggunakan fitur ini pengguna dapat membuat emoji bergerak sesuai dengan ekspresi wajahnya. Diketahui Apple sendiri memanfaatkan perangkat lunak facial recognition dalam fitur andalannya ini. Tak mau ketinggalan, Samsung pun juga menghadirkan AR emoji yang dapat mengubah mimik wajah pengguna menjadi emoji sehingga menghasilkan emoji yang unik dan avatar personal.

emoji
[email protected]

Selain Apple da Samsung, vendor smartphone lainnya yakni Sony juga memamerkan teknologi emoji di ajang Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona, Spanyol. Perusahaan asal Jepang itu menghadirkan fitur yang dapat membuat pengguna memindai wajah mereka dan menghasilkan sebuah avatar 3D. Meskipun belum setenar virtual reality (VR), namun melalui jalur emoji ini diharapkan teknologi AR dapat dipahami publik.

Sementara itu fitur emoji yang cukup menarik diungkap yakni terdapat pada smartphone terbaru Samsung Galxy S9. Pengguna bisa memakai kamera dan mengambil foto selfie untuk bisa dijadikan dalam bentuk GIF ataupun stiker. Menariknya, emoji-emoji ini bisa langusung dikirim via pesan seperti WhatsApp ataupun Facebook Messanger.

Baca juga :  Ini Dia AR Emoji, Fitur Canggih Galaxy S9 Bisa Sulap Wajah Jadi Stiker !

Disebutkan pula jika fitur keren tersebut juga bisa berfungsi sebagai avatar dan pengguna bisa memilih tampilan sesuka hati, mulai dari rambut, pakain dan aksesori seperti kacamata. Samsung pun juga bekerjasama dengan Disney untuk AR emoji dan dengan begitu pengguna bisa memakai emoji karakter Mickey dan Minnie Mouse untuk menciptakan AR Emoji yang lucu.

Namun disiso menariknya emoji, ternyata Animoji yang dimiliki Apple mendapat gugatan dari sebuah perushana teknologi asal Jepang bernama Emonster. Gugatan itu dilayangkan kaerna merek dagang ‘Animoji’ milik Emonster digunakan tanpa izin oleh Apple. Cukup diketahui jika Emonster yang bermarkas di Tokyo itu mendaftarkan gugatan di pengadilan federal Amerika Serikat.

Baca juga : Yuk Coba ‘AR Emoji’ Milik Samsung Galaxy S9, Fitur yang Bisa Kloning Wajah Pengguna