Samsung dan Vendor Lainnya Siap Hadirkan Smartphone Dengan Layanan 5G

0
290
layanan 5G
copyright©detiknet

Layanan 5G Siap Dihadirkan Samsung dan Kawan-Kawan, Seperti Apa?

Erataekno.com – Tak bisa dipungkiri kini perkembangan teknologi bisa dikatakan tumbuh begitu cepat. Salah satu yang terbaru yakni layanan 5G, penerus layana 4G ini kini terus diupayakan hadir dan dinikmati publik.

Dikabarkan berbagai vendor smartphone pun telah menyediakan Snapdragon X50. Chipset ini disediakan guna memungkinkan konektivitas jaringan generasi kelima tersebut di smartphone. Dikatakan jika chipset ini mampu memberikan kecepatan download hingga hitunga GB dalam per detik.

Baca juga : Keren, Rekor Baru Capcom Dikukuhan Gim Anyar Monster Hunter World

Dari lansiran Phone Arena menyebutkan jika sejumlah vendor smartphone yang akan menggunaka jaringan 5G ini yakni Asus, Fujitsu, HMD Global, HTC, LG, Oppo, Sharp, Sony, Vivo, Xiaomi, dan ZTE. Bahkan disebutkan jika Samsung telah mencapai kerjasama atau kemitraan secara terpisah pada pekan lalu.

layanan 5G
copyright©sumedangmedia

Sedangkan vendor lainnya seperti Apple belum diketahui kapan mereka akan mluncurkan ponsel berbasis jaringan 5G miliknya. Sedangkan dari sisi vendor, Qualcomm mengatakan implementasi layanan 5G akan didukung darai operator sebagai penyedia layanan kepada pelanggan.

Mereka diantaranya dari AT&T, China Mobile, Orange, SK Telecom, Verizon, dan Vodafone. Mereka sendiri akan melakukan ujicoba standart layanan 5G NR di jaringan mereka. Untuk 5G NR sendiri diketahui telah ditetapkan oleh The 3rd generation Partnership Project (3GP1P).

3GPP sendiri adalah organisasi yang mengatur standart seluler di kancah Internasional. Selaian itu organisasi ini juga telah menandatangani spesifikasi pertama 5G pada akhir tahun 2017 kemarin. Teknologi 5G yang diusung oleh Qualcomm ini rencanannya akan dipamerkan pada perhelatan teknologi mobile tahunan Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona, Spanyol akhir Februari mendatang.

Baca juga : Zeanfone 5 Lite Bakal Hadir dengan 4 Kamera, Layar 6 Inci dan Rasio 18:9

Sementara itu layanan 5G belakangan ini memang menjadi perbincangan berbagai kalangan pelaku industri di dunia teknologi. Pasalnya teknologi tersebut menjanjikan peningkatan kecepatan konektivitas hingga terwujudnya Internet of Things (IoT). Qualcomm sendiri sebagai vendor penyedia chip modem berbagai perangkat mobile telah siap menghadapi jaringan 5G dan mereka juga sesumbar bahwa 5G mulai dikomersilkan pada 2019 mendatang.

Maka dengan adanya kabar ini teknologi lanjutan dari 4G tersebut semakin di depan mata. Demi menyambut 5G, Qualcomm pun juga telah menyiapkan modem Snapdragon X50 yang mendukung standar baru tersebut.

Baca juga : Catat Tanggalnya! Ini Nih Jadwal Dirilisnya Xiaomi Redmi 5 di Indonesia